Home » » Arborek Masuk Kategori Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021

Arborek Masuk Kategori Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021

Posted by Indonesia Mandiri on Oktober 29, 2021

Homestay di Desa Wisata Arborek semua menghadap ke laut
Raja Ampat/Papua Barat (IndonesiaMandiri) – Arborek di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, masuk 50 besar desa wisata terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Hal ini diharapkan mendorong kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif/parekraf Desa Wisata Arborek dengan meningkatnya kunjungan wisatawan dan terbukanya lapangan kerja yang lebih luas bagi masyarakat. 

Menparekraf Sandiaga Uno saat datang ke Desa Wisata Arborek (27/10) mengatakan, daerah ini memiliki panorama keindahan alam yang indah serta daya tarik wisata beragam, serta ada sederet produk ekraf  sangat berkualitas dengan kearifan lokalnya.

“Ini adalah pariwisata yang berbasis _
nature dan culture. Mudah-mudahan ajang ini (ADWI 2021) bisa membuka peluang untuk bangkitnya pariwisata dan ekonomi kreatif dan lapangan kerja kembali tersedia," jelas Menparekraf. 

ADWI 2021 merupakan salah satu program pengembangan kepariwisataan Indonesia yang dijalankan Kemenparekraf/Baparekraf. Selain ajang kompetisi yang menghadirkan tujuh kategori, ADWI juga menghadirkan ragam pendampingan dan pelatihan serta peningkatan kapasitas bagi pengelola desa-desa wisata, agar berkembang sebagai desa wisata berkelanjutan. 

Untuk menuju Desa Wisata Arborek diperlukan waktu sekitar 1,5 - 2 jam perjalanan dari pelabuhan Sorong dengan menggunakan spead boat. Meskipun memiliki waktu tempuh cukup lama, tapi terbayarkan dengan panorama alam yang menawan. 

Kerajinan khas Papua Barat banyak ditemui di Arborek
Desa Wisata Arborek dihuni sekitar 48 KK dan terdiri dari 217 jiwa, memiliki komitmen yang tinggi untuk mengembangkan berbagai potensi desa berbasis masyarakat. Salah satunya potensi wisata alam bawah laut yang sangat diminati wisatawan nusantara dan mancanegara lantaran terdapat beraneka ragam biota laut. 

Bagi pengunjung yang ingin bermalam, terdapat sembilan homestay berlokasi langsung menghadap ke laut. Sehingga pengunjung bisa menikmati momen sunrise dan sunset. Jika beruntung pengunjung juga bisa melihat ikan-ikan kecil, walking shark, dan lainnya di area homestay (lw/ag).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Defense Equipment