Home » » Pasukan Khusus TNI AL Ikut Pelatihan Pemantapan Hidros

Pasukan Khusus TNI AL Ikut Pelatihan Pemantapan Hidros

Posted by Indonesia Mandiri on September 13, 2021

Komandan Pushidrosal Laksdya TNI Agung Prasetiawan saat membuka pelatihan Hidros
Jakarta (IndonesiaMandiri) – Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) menggelar kegiatan Pemantapan pengetahuan Hidro-Oseanografi (Hidros) bagi pasukan khusus TNI AL untuk wilayah Barat di 2021.

Kegiatan ini bertujuan memberikan pengetahuan dan ketrampilan tentang survei dan pemetaan Hidrografi dan Oseanografi (surta hidros) guna mendukung Pasukan Khusus TNI AL seperti Detasemen Jalamangkara (Denjaka), Batalyon Intai Amfibi (Taifib) serta Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) saat menyiapkan pantai pendaratan dan data geografi maritim serta geografi intelijen.

Ada beberapa sasaran yang ingin dicapai dari pelatihan ini antara lain, prajurit mampu mengumpulkan data Hidros dengan peralatan yang dimiliki, mampu melaksanakan manajemen data Hidros terbatas, menginterprestasikan data sekunder (spasial dan non spasial), serta membuat lembar lukis lapangan pantai pendaratan dengan baik dan benar.

Komandan Pushidrosal Laksdya TNI Agung Prasetiawan saat membuka pelatihan antara lain menyebut, data dan informasi Hidros yang dihasilkan melalui survei Hidros diperlukan bagi operasi pasukan khusus TNI AL guna memenuh dukungan Pushidrosal terhadap operasi tempur, berupa penyiapan data pantai pendaratan, serta peta militer seperti peta tempur gabungan (PTG), Peta Pendaratan Amfibi (PPA) dan lainnya.
Pasukan Khusus TNI AL di Mako Pushidrosal  
Dan, menurut Laksdya TNI Agung, guna memperolah informasi data hidros yang tepat, maka pasukan Khusus TNI AL perlu dibekali pengetahuan dan ketrampilan pengumpulan datanya. Pengetahuan tersebut bertujuan untuk mendapatkan informasi pantai pendaratan serta data geografi maritim dalam kegiatan pengumpulan data berupa cuaca, medan dan musuh.

Pemantapan Pengetahuan Hidros dilaksanakan pada 13-18 September 2021, diikuti 26 pasukan khusus TNI AL wilayah Barat terdiri dari Denjaka 8 orang, Taifib 9 orang, serta Satkopaska) 9 orang. Kegiatan ini digelar di dua lokasi, yaitu pelajaran teori dilaksanakan di Pusdikhidros Jakarta. Untuk pembelajaran praktek dilaksanakan di Posal Tanjung Pasir, Kabupaten Tangerang, Banten (ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

.