Home » » Mentan Yakin Sektor Pertanian Kaltara Jadi Andalan

Mentan Yakin Sektor Pertanian Kaltara Jadi Andalan

Posted by Indonesia Mandiri on September 14, 2021

Mentan Syahrul Yasin Limpo (tengah baju putih) tinjau peternakan di Kaltara
Bulungan/Kaltara (IndonesiaMandiri) – "Saya datang kesini bukan untuk foto-foto atau sekedar bincang-bincang. Kaltara (Kalimantan Utara) ini luar biasa potensinya, Indonesia kita hebat, kita tidak boleh kalah dengan negara lain. Jadi pak Gubernur,Pak Bupati, saya minta "Gas terus", kata Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo beserta jajarannya saat mengunjungi pembiakan peternakan kambing jenis "Boer" di Desa Apung SP 6, Kecamatan Tanjung Timur, Kab. Bulungan, Kaltara (13/9).

Mentan beberapa kali menyampaikan kekaguman potensi Kaltara di sektor perternakan, pertanian, perkebunan dan kelautan. Ia menghimbau agar lahan eksisting diperkuat, jangan lagi ada terlihat lahan menganggur.

Menurutnya, guna memajukan sektor pertanian, ada dua hal harus diutamakan. Pertama, lahan harus "clear", artinya sudah jelas kepemilikan dan kegunaannya,. Kedua, memiliki sumber daya manusia (SDM) untuk terlibat langsung mengolah dan mengoptimalkan lahan.

Guna mewujudkannya, Mentan sampaikan ke seluruh jajaran pejabat di Kementan agar siap terlibat dan membantu. “Jangan lagi ditunda,” jelas SYL dihadapan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara, Ketua DPRD Kaltara, dan jajaran dari kepolisian dan TNI. SYL juga menyempatkan melihat peternakan Bulungan Mandiri Farm di Kaltara.

Gubernur Kaltara Zainal Arifin Taliwang mengakui potensi pengembangan pertanian di daerahnya sangat besar, “Potensi peternakan dan pertanian di Kaltara belum tergarap maksimal, dan petani disini sangat antusias untuk bertani. Lahan yang tidak produktif sudah diolah untuk dijadikan sawah," paparnya.

"Saat ini Kaltara sudah MoU dengan Brunei, yang siap menerima produk peternakan asal Kaltara" tambahnya. Dalam kesempatan tersebut Mentan juga menyerahkan bantuan bibit sperma kambing sebanyak 100.000 ampul dan Bantuan Program Kegiatan Kementerian Pertanian sebesar Rp 16.1 Milyar (ma/hy).

Foto: Hendrayani

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

.