Home » » Latihan Hidros Bagi Pasukan Khusus TNI AL Berjalan Lancar

Latihan Hidros Bagi Pasukan Khusus TNI AL Berjalan Lancar

Posted by Indonesia Mandiri on September 17, 2021

Pasukan Khusus TNI AL dilatih verifikasi data surta hidros untuk persiapan pertempuran
Jakarta (IndonesiaMandiri) –  “Pelatihan ini menekankan pada peningkatan pengetahuan dan kemampuan prajurit TNI AL, khususnya yang berdinas di pasukan khusus, dengan materi pembekalan pengetahuan hidro-oseanografi (hidros), serta cara menggunakan peralatan survei optik (konvensional) maupun modern,” ujar Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Agung Prasetiawan.

Danpushidrosal meninjau sekaligus menutup secara resmi menutup Pelatihan Pemantapan Pengetahuan Hidro-Oseanografi (Hidros) bagi pasukan khusus TNI AL wilayah Indonesia Barat periode 2021 di Posal Tanjung Pasir, Kabupaten Tangerang, Banten, berlangsung lima hari (13-17/9).

Latihan diikuti 26 pasukan khusus TNI AL dari Detasemen Jalamangkara (Denjaka) 8 orang, Batalyon Intai Amfibi (Taifib) 9 orang, serta Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) 9 orang, bertujuan memberi pengetahuan dan ketrampilan tentang survei dan pemetaan Hidrografi dan Oseanografi (surta hidros) guna mendukung pelaksanaan tugas Pasukan Khusus TNI AL.

Secara keseluruhan, jalannya latihan terlaksana dengan lancar, sesuai alokasi waktu dan cakupan materi yang telah direncanakan. Adapun kegiatan pelatihan pemantapan ini diselenggarakan di dua lokasi yaitu, untuk materi teori dilaksanakan di Pusdikhidros Jakarta, serta praktek lapangan di daerah latihan Posal Tanjung Pasir.
Danpushidrosal (baris pertama paling kiri) melihat jalannya latihan di bibir Pantai Tanjung Pasir
Para pasukan khusus TNI AL dilatih melakukan verifikasi data hidros di pantai yang akan dijadikan pantai pendaratan pasukan marinir Indonesia. Setelah verifikasi data, ketua tim melaporkan hasilnya kepada Danpushidrosal pada rangkaian kegiatan penutupan Pemantapan Pengetahuan Dasar Hidro Oseanografi bagi Pasukan Khusus TNI Angkatan Laut tahun anggaran 2021.

Dalam skenario latihan, prajurit pasukan khusus TNI AL dibekali pengetahuan untuk mengukur dan membaca kondisi laut guna memastikan informasi awal yang mereka miliki sesuai dengan situasi di lapangan atau tidak. Sehingga rencana serbuan yang sudah disiapkan dapat dilaksanakan atau malah rencana cadangan yang harus dilaksanakan (ma).

Foto: abri

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Defense Equipment