Kampung Blekok Situbondo Miliki Pesona Ekowisata

Situbondo/Jatim (IndonesiaMandiri) – Kampung Blekok, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, terpilih sebagai salah satu dari 50 desa wisat

Menparekraf Sandiaga Uno melepas burung khas Situbondo Blekok
Situbondo/Jatim
 (IndonesiaMandiri) – Kampung Blekok, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, terpilih sebagai salah satu dari 50 desa wisata terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Konsep ekowisata yang diusung Kampung Blekok menjadi salah satu daya tarik yang sangat sesuai dengan konsep pariwisata kedepan yang menekankan kualitas dan keberlanjutan lingkungan.

Kampung Blekok memiliki lokasi konservasi hutan mangrove dengan luas 29,6 hektare, dihuni berbagai jenis tanaman mangrove dan menjadi habitat bagi ribuan burung. Diantaranya jenis mangrove Rhizopora stylosa, Avicennia alba, Rizhopora mucronata, dan lainnya.  Serta burung blekok menjadi ciri khas Situbondo dan 13 jenis burung air, diantaranya kuntul besar, kuntul kecil, kuntul kerbau, blekok sawah, cangak merah, kowak malam, trinil, gajahan penggala, kareo padi, kokokan laut, dan cerek jawa.

“Saya senang karena Desa Wisata Kampung Blekok ini memiliki konservasi hutan mangrove. Jadi, semakin banyak hutan mangrove di daerah Situbondo, jumlah oksigen juga akan semakin meningkat. Dan kawasan ini dapat menjadi rumah bagi burung-burung yang kehilangan habitatnya,” ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, saat berkunjung ke Kampung Blekok  (17/9).

Untuk melestarikan burung blekok, masyarakat setempat membuat penangkaran burung berbentuk jaring. Saat ini burung blekok yang dibudidayakan berjumlah 15 burung. Bagi wisatawan yang berkunjung dapat ikut serta ikut kegiatan penangkaran dan penangkapan burung air, merawat burung yang sedang sakit, membebaskannya kembali jika sudah siap. Serta bisa mempelajari berbagai jenis mangrove dan burung dengan melakukan scan barcode yang telah disediakan di tiap-tiap papan nama.

Hal yang unik dari burung blekok adalah mereka sangat suka hidup berkelompok. Sehingga ribuan burung ini akan terbang secara koloni pada jam lima pagi untuk mencari makan di tempat lain, dan pulang ke tempat asal pada jam lima sore.

Selain konservasi hutan mangrove dan burung blekok, daya tarik lainnya adalah pemandangan pegunungan nan indah, disertai hamparan laut biru yang luas. Dan paling menarik untuk dilihat adalah  saat terbenamnya matahari. Saat itu langit akan memperlihatkan pancaran cahaya yang berkilau oranye keemasan dengan gradasi ungu muda serta ungu tua yang sangat memikat.

Selain itu, masyarakat setempat juga membuat berbagai olahan kuliner dengan memanfaatkan mangrove sebagai bahan dasarnya. Seperti makanan khas dari daun-daun mangrove dan kue dari tepung biji mangrove. Ada pula petis ikan yang digunakan masyarakat setempat untuk menyajikan rujak petis dengan buah-buahan segar. Ada juga makanan khasnya seperti sate lalak dan tajin palapa.

Kampung Blekok juga terbilang sangat kreatif lantaran memanfaatkan sampah yang masih layak pakai dan dijadikan sebagai hiasan. Ada pula yang menjadikannya sebagai alat musik. Untuk fesyen, ada odheng khas Situbondo. Odheng (penutup kepala) biasa digunakan oleh laki-laki untuk menghadiri acara resmi. Selain itu, teman-teman difabel juga turut membuat karya berupa kain batik khas Situbondo, dengan corak kerang dan biota laut.

Selain itu, desa ini juga dikenal sebagai pusat kerajinan kayu dan kerang yang cukup besar. Produk kreatif tersebut biasanya dikirim ke Bali, Lombok, Malang, dan beberapa tempat wisata lainnya. Pendapatan para pengrajin sebelum pandemi biasanya berkisar antara Rp100.000 - Rp150.000 perhari. Namun semenjak pandemi, pendapatan mereka berkurang menjadi Rp20.000 - Rp25.000 perhari.

Desa wisata di ujung Jawa Timur ini miliki pesona pemandangan alam yang apik
Sandiaga berkesempatan mengunjungi anak-anak sanggar yang sedang latihan menari. Lalu memberikan kuis yang berhadiah laptop kepada salah satu anak sanggar tari untuk mendukung pendidikan daring. Pertanyaan yang dilontarkan oleh Sandiaga pun seputar siapa nama presiden, nama beberapa menteri, dan lainnya.

Menparekraf juga turut memberikan nama salah satu burung blekok, dengan sebutan Adwi. Lantaran Kampung Blekok ini terpilih sebagai salah satu desa wisata terbaik di tanah air (jna/ma).


Nama

Advertorial,13,Alutsista,261,Arsip,87,Artikel,2,ATHG,394,Bela Negara,343,Bencana Alam,1,Berita Duka,3,Bilateral,15,Bisnis,135,Budaya,4,Covid-19,22,Daerah,4,Ekonomi dan Bisnis,192,Ekonomi Politik,4,Ekraf,23,Energi,1,Footer,3,Gaya Hidup,70,Gotong Royong,2,Hankam,1,Hidup Sehat,133,Hipertensi,6,Internasional,498,IPTEK,19,Jendela Nusantara,243,Kata Bijak,7,Kegiatan Sosial,3,Kode Etik,1,Lingkungan,343,Literasi,2,Logika Berfikir,11,Maritim,5,Militer,62,Obat Alami,6,Olahraga,32,Opini,12,Pahlawan Kemerdekaan,2,Pariwisata,10,Pendapat,2,Pendidikan,10,Pesona Nusantara,440,Politik,1,Ragam,318,Sastra Budaya,7,SDA,8,SDM,425,Sehat,55,Sejarah,28,Seni Budaya,11,Sosial Budaya,2,Sosok,12,Tani Darat,123,Tani Laut,94,Teras Indonesia,531,TNI-POLRI,17,Transportasi,217,UMKM,3,Wacana,2,Wawancara,4,Wisata,11,
ltr
item
INDONESIA MANDIRI | Berita Indonesia Mandiri: Kampung Blekok Situbondo Miliki Pesona Ekowisata
Kampung Blekok Situbondo Miliki Pesona Ekowisata
Situbondo/Jatim (IndonesiaMandiri) – Kampung Blekok, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, terpilih sebagai salah satu dari 50 desa wisat
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjk4-BrUqb4B7DWqdwZB7uUp72ozpdzlqGG0aJgcI4Y8U_c2vCW5j6brQOi_I-KB9Ccnd2oUqt5t28wW5B-nw5C3KrzxbpK6a3h9a_PJEQdhD5aNS0i3eH7oi7vGFkikzDnJP-kiSbntac/w400-h266/sandiaga_situbondo3.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjk4-BrUqb4B7DWqdwZB7uUp72ozpdzlqGG0aJgcI4Y8U_c2vCW5j6brQOi_I-KB9Ccnd2oUqt5t28wW5B-nw5C3KrzxbpK6a3h9a_PJEQdhD5aNS0i3eH7oi7vGFkikzDnJP-kiSbntac/s72-w400-c-h266/sandiaga_situbondo3.jpeg
INDONESIA MANDIRI | Berita Indonesia Mandiri
https://www.indonesiamandiri.web.id/2021/09/kampung-blekok-situbondo-miliki-pesona.html
https://www.indonesiamandiri.web.id/
https://www.indonesiamandiri.web.id/
https://www.indonesiamandiri.web.id/2021/09/kampung-blekok-situbondo-miliki-pesona.html
true
8310179826723655374
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy