Indonesia Siap Rebut Ekspor Listrik Di Asia Tenggara

“Target pencapaian bauran energi ada banyak tantangan dalam implementasinya. Masih dominannya penggunaan energi fosil dan regulasi yang belum kondusif

Potensi energi terbarukan Indonesia untuk listrik masih berlimpah
Jakarta (IndonesiaMandiri) – “Target pencapaian bauran energi ada banyak tantangan dalam implementasinya. Masih dominannya penggunaan energi fosil dan regulasi yang belum kondusif membuat kita masih perlu upaya ekstra untuk mencapai target 2025,” jelas Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Basilio Dias Araujo.

 

Target sebesar 23 persen pada 2025 baru tergarap sebesar 12 persen, sehingga Pemerintah harus terus melakukan inovasi dan kolaborasi dengan sektor swasta, perbankan, pemerintah daerah demi mencapai target yang ada.

 

Ini menjadi bagian komitmen Indonesia melalui Undang-undang No.16/2016 mengenai Persetujuan Paris Atas Konvensi Kerangka Kerja Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Perubahan Iklim dan penggunaan energi terbarukan, Pemerintah melalui Kemenko Marves gelar rapat koordinasi membahas pembangunan dan pengembangan Pembangkit Listrik Fotovoltaik Terapung 2.2 GWp di Waduk Duriangkang Batam, Kepulauan Riau bersama (K/L) Kementerian/Lembaga terkait ((27/9).

 

Sebelumnya (19/6), pemerintah melalui BP (Badan Pengusahaan) Batam telah teken MoU dengan SUNSEAP Group pembangunan PLTS dan ekspor listrik Solar PV Terapung sebagai bagian dari langkah strategis pemerintah Indonesia memaksimalkan pemakaian energi terbarukan, “Perlu koordinasi yang lebih intensif, karena K/L yang terlibat lintas sektor, ini akan memenuhi target energi bersih dan energi baru terbarukan sesuai Rencana Umum Energi Nasional,” ucap Basilio.

 

Ekspor yang mencapai 300 MW melalui transmisi bawah laut 400kV ini memerlukan sinergi serta dukungan baik regulasi maupun penguatan kerjasama pengelolaan aset daerah. “SUNSEAP sebagai Joint venture harus mampu penuhi tanggung jawabnya, mulai dari berbagai persyaratan sebagai importir/eksportir listrik, lisensi/perizinan, partisipasi dalam pasar grosir listrik internasional, hingga menyusun mekanisme komersial yang menguntungkan kedua pihak,” papar Basilio.

 

Terkait hal ini, Kementerian ESDM, Kementerian PUPR, PLN serta Pemerintah Daerah diharapkan telah memiliki sistem bisnis yang sesuai dan dapat mempercepat pembangunan pembangkit listrik berbasis energi baru terbarukan/EBT dan energi bersih, “Isu-isu seperti land clearance dan luasan permukaan waduk harus diterapkan berdasar pada perundangan saat ini,” tambah Basilio.

 

Kementerian ESDM menjelaskan besarnya potensi tenaga surya yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber listrik di Indonesia, sehingga  dapat mewujudkan kedaulatan energi, “Sebagai bagian dari Program Strategis Nasional ESDM, kami mencermati regulasi kedua negara terkait pemenuhan listrik dalam negeri sebelum di ekspor,” terang Chrisnawan Anditya, Direktur Aneka Energi Baru dan Energi Terbarukan.

 

Pemerintah terus dorong kementerian/lembaga untuk optimalkan skema bisnis listrik
PLN menambahkan, Indonesia perlu lebih memaksimalkan kebutuhan akan permintaan listrik yang ada, “Pasar (listrik) ekspor begitu besar sehingga kita harus terlibat di dalamnya. Kita perlu siapkan aspek teknis dan mekanisme bisnisnya,” saran Wiluyo Kusdwiharto selaku Direktur Mega Proyek PT PLN.

 

Basilio optimis, Indonesia kini siap bersaing dalam pasar ekspor listrik terbesar di kawasan Asia Tenggara. Diharapkan kedepannya supply listrik lain dapat dibangun di seluruh wilayah Indonesia, seperti Sumatera dan Nusa Tenggara. Ini membuka peluang untuk menyelenggarakan studi kelistrikan dan kemitraan dengan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha atau KPBU/PPP (dh).

 

Foto: Istimewa

Nama

Advertorial,13,Alutsista,261,Arsip,87,Artikel,2,ATHG,394,Bela Negara,343,Bencana Alam,1,Berita Duka,3,Bilateral,15,Bisnis,135,Budaya,4,Covid-19,22,Daerah,4,Ekonomi dan Bisnis,192,Ekonomi Politik,4,Ekraf,23,Energi,1,Footer,3,Gaya Hidup,70,Gotong Royong,2,Hankam,1,Hidup Sehat,133,Hipertensi,6,Internasional,498,IPTEK,19,Jendela Nusantara,243,Kata Bijak,7,Kegiatan Sosial,3,Kode Etik,1,Lingkungan,343,Literasi,2,Logika Berfikir,11,Maritim,5,Militer,62,Obat Alami,6,Olahraga,32,Opini,12,Pahlawan Kemerdekaan,2,Pariwisata,10,Pendapat,2,Pendidikan,10,Pesona Nusantara,440,Politik,1,Ragam,318,Sastra Budaya,7,SDA,8,SDM,425,Sehat,55,Sejarah,28,Seni Budaya,11,Sosial Budaya,2,Sosok,12,Tani Darat,123,Tani Laut,94,Teras Indonesia,531,TNI-POLRI,17,Transportasi,217,UMKM,3,Wacana,2,Wawancara,4,Wisata,11,
ltr
item
INDONESIA MANDIRI | Berita Indonesia Mandiri: Indonesia Siap Rebut Ekspor Listrik Di Asia Tenggara
Indonesia Siap Rebut Ekspor Listrik Di Asia Tenggara
“Target pencapaian bauran energi ada banyak tantangan dalam implementasinya. Masih dominannya penggunaan energi fosil dan regulasi yang belum kondusif
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiiQHoKko1J6_x25xkMKnvyeMgCmWI97GDoWq1sPt_rnbEFqk4X3zpMPLO5L8uam0nJ9lpLlzqbo7ceZwELEkc83ju4TUf195Wq5VCm9CE9M0RnGkcRgYov9aNMoqJF0Kfya0FQOOcIIcs/w400-h250/energibaru1.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiiQHoKko1J6_x25xkMKnvyeMgCmWI97GDoWq1sPt_rnbEFqk4X3zpMPLO5L8uam0nJ9lpLlzqbo7ceZwELEkc83ju4TUf195Wq5VCm9CE9M0RnGkcRgYov9aNMoqJF0Kfya0FQOOcIIcs/s72-w400-c-h250/energibaru1.jpg
INDONESIA MANDIRI | Berita Indonesia Mandiri
https://www.indonesiamandiri.web.id/2021/09/indonesia-siap-rebut-ekspor-listrik-di.html
https://www.indonesiamandiri.web.id/
https://www.indonesiamandiri.web.id/
https://www.indonesiamandiri.web.id/2021/09/indonesia-siap-rebut-ekspor-listrik-di.html
true
8310179826723655374
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy