Home » » Bakamla RI Bina Relawan Penjaga Laut Di Banyuwangi

Bakamla RI Bina Relawan Penjaga Laut Di Banyuwangi

Posted by Indonesia Mandiri on September 03, 2021

Pembinaan dan latihan banyak dilakukan di lapangan agar Rapala lebih mudah memahami
Banyuwangi/Jatimm
 (IndonesiaMandiri)   Kasubdit Pengembangan Potensi Keamanan dan Keselamatan Laut (P2K2L) Bakamla RI Kolonel Bakamla Jarwadi mewakili Direktur Kerja Sama Bakamla RI melakukan pembinaan 50 orang Relawan Penjaga Laut Nusantara (Rapala) di Banyuwangi, Jawa Timur (2/9).

Pembinaan Rapala ini merupakan kegiatan rutin yang terus dilakukan Bakamla RI guna menambah pengetahuan dan keterampilannya yang telah terbentuk. Tak hanya itu. Keterampilan nggota Rapala tersebut, juga bisa disalurkan kepada masyarakat pesisir lainnya di daerah Banyuwangi. Terlebih lagi dalam menanamkan pola pikir atas pentingnya kesadaran akan keselamatan saat melaut.

Disebutkan, pembinaan Rapala dipandang penting mengingat 2/3 wilayah Indonesia adalah perairan. Sehingga untuk menjaga keamanan dan kedaulatannya tak dapat hanya mengandalkan aparat negara. “Pembinaan nelayan dan masyarakat pesisir perlu dilakukan, mengingat Bapak/Ibu disini termasuk garda terdepan perbatasan daratan dengan lautan”, terang Kolonel Bakamla Jarwadi.

“Besar harapan kami, melalui kegiatan pembinaan ini dapat membentuk karakter dan menambah kemampuan untuk menunjang keselamatan diri maupun orang lain,” tambahnya. Dalam pembinaan ini juga turut melakukan aksi sosial. Sejumlah paket sembako disampaikan kepada masyarakat di pesisir pantai, tepatnya di Desa Bengkak, Banyuwangi.

Di sela kegiatan pihak Bakamla bersama Rapala membagi bantuan sosial untuk nelayan
Kegiatan pembinaan ini menghadirkan beberapa narasumber, seperti Kapten Laut Rianto dari Lanal Banyuwangi dengan materi Bela Negara. Dr. Rifqi Yudiar Abrori dari Dinas Kesehatan Banyuwangi tentang Protokol Kesehatan dalam Mengantisipasi Covid-19, Suryono Bintang Samudera dari Dinas Perikanan Banyuwangi mengenai Peraturan Sosial Perikanan serta Kasi Potkamla Mayor Bakamla Riandi Yudha Gunawan dengan materi Sejarah dan Profil Bakamla RI.

Materi lainnya dari Dinas Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Din Eka Pratiwi, tentang Inovasi Usaha Kreatif Produk Olahan Hasil Laut dan Kasi Binmasair dan Potdriga Polairud Banyuwangi Kompol Jeni Al Jauza soal Pencegahan dan Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). Di akhir acara, Bakamla memberikan life jacket ke seluruh anggota Rapala Banyuwangi (bp).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

.