Home » » Soal Air Galon Isi Ulang, Arzeti Bilbina Jangan Ikut Sebarkan Hoaks

Soal Air Galon Isi Ulang, Arzeti Bilbina Jangan Ikut Sebarkan Hoaks

Posted by Indonesia Mandiri on Agustus 03, 2021

Satrio Arismunandar
Depok/Jabar (IndonesiaMandiri) – Sangat disayangkan, tokoh publik seperti fotomodel Arzeti Bilbina, yang menyebarkan berita hoaks soal bahaya BPA (Bisphenol-A) di galon air isi ulang. Hal ini karena BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) sudah menjamin air galon isi ulang itu aman dikonsumsi.

Pengamat media Dr. Satrio Arismunandar menegaskan hal itu di Depok, Selasa (3/8). Satrio mengomentari kehadiran Arzeti, yang juga anggota DPR-RI Komisi IX, di acara sosialisasi bahaya BPA di kemasan plastik, dalam momen Hari Anak Nasional pada 23 Juli 2021.

Menurut Satrio, sudah puluhan tahun publik mengonsumsi air dari galon isi ulang, dan tidak pernah ada masalah. Kadar BPA di air galon isi ulang, menurut BPOM, juga aman bagi konsumen. Jadi, tidak usah menimbulkan kehebohan dan kepanikan yang nantinya membuat bingung masyarakat.

Satrio yang alumni Universitas Indonesia berpendapat, Arzeti mungkin tidak sadar dirinya dimanfaatkan untuk kampanye tertentu. Ancaman bahaya BPA di galon air isi ulang adalah sesuatu yang artifisial, terlalu mengada-ada. “Sampai hari ini tidak pernah ada berita orang sakit parah akibat minum air dari galon isi ulang,” jelas Satrio.

“Ini ada latar belakang persaingan bisnis. Mungkin ada produk baru air galon, yang akan mengklaim produknya bebas-BPA. Sehingga dikampanyekan untuk menyingkirkan produk-produk lain yang galonnya disebut mengandung BPA,” ulas Satrio. Disarankan, sambung Satrio, agar para tokoh publik seperti Arzeti lebih berhati-hati bicara kepada umum. Apalagi jika tentang hal-hal yang di luar bidang kompetensinya (ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

.