Presiden: Porang Sangat Menjanjikan Sekali

“Porang ini sangat menjanjikan dan sekali lagi saya harapkan Pak Menteri ada sebuah target-target angka yang harus kita punyai sehingga para petani i

Presiden senang dengar kisah petani Porang yang begitu insprirasi
Madiun/Jatim  (IndonesiaMandiri) – “Porang ini sangat menjanjikan dan sekali lagi saya harapkan Pak Menteri ada sebuah target-target angka yang harus kita punyai sehingga para petani ini betul-betul memiliki sebuah panduan arah ke mana porang ini akan dibawa,"ujar Presiden Jokowi saat berkunjung ke PT Asia Prima Konjac, salah satu pabrik pengolahan porang di Kabupaten Madiun, Jawa Timur (19/8).

Presiden didamping Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, berkesempatan dialog dengan sejumlah perwakilan petani porang. Yoyok Triyono, salah satunya. Petani muda porang generasi ketiga ini, di hadapan Kepala Negara, bercerita mengenai bagaimana menggiurkannya prospek bercocok tanam umbi-umbian yang sedang naik daun sehingga menarik minat anak muda di Madiun menggelutinya.

"Petani milenial, petani muda di desa kami—mungkin di wilayah Madiun—kalau zaman dulu lulus sekolah cari kerja di kota. Kalau sekarang tidak Pak, lulus sekolah jadi petani porang, tiga tahun berjuang bertani porang, setelah tiga tahun bawa pulang mobil," cerita Yoyok.

Presiden pun langsung menanggapi Yoyok, "kalau dengar ceritanya yang terakhir tadi, semua ingin jadi petani porang jangan-jangan nanti," dan disambut gelak tawa mereka yang hadir. Yoyok menanam porang dari 2010 di lahan seluas 0,3 hektar, warisan ayahnya. Sekarang, luas lahan mencapai 3 hektar. Menurutnya, porang adalah komoditas yang sangat menjanjikan karena tidak hanya umbinya saja yang laku. Selain itu, porang juga cukup mudah untuk ditanam.

Banyaknya anak muda yang ingin menggeluti porang juga diamini oleh Didi Kuswandi, seorang petani dari Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun. Menurutnya, kini banyak generasi milenial ingin geluti sektor pertanian, utamanya porang. "Dulunya petani ini seolah-olah menjadi cita-cita pelarian saja, namun hari ini semua berbondong-bondong ingin menjadi petani porang. Termasuk saya Bapak Presiden, sudah lama di luar negeri, balik ke kampung menjadi petani," aku Warsito.

Porang atau dalam bahasa latin disebut Amorphopallus muelleri blume, merupakan tanaman umbi-umbian dengan beragam keunggulan. Selain rendah kalori dan juga bebas gula, porang bisa diolah menjadi berbagai bahan makanan hingga bahan kosmetik.

Presiden menilai komoditas ini produk menjanjikan dan memiliki masa depan cerah. Kepada para petani muda, Presiden berpesan agar tak hanya mengerjakan di lahan pertaniannya saja, tetapi juga bisa mengolahnya hingga pascapanen. Jokowi mendorong para petani bisa mengolah umbi porang menjadi barang jadi, misalnya menjadi keripik, seperti dilakukan PT Asia Prima Konjac pada awal berdirinya.

"Saya kira proses-proses seperti itu yang pemerintah inginkan. Jangan sampai nanti yang mengolah itu di Jepang, atau di China, atau di Korea Selatan, atau di Eropa, nggak. Kita harus mengolah sendiri, ada hilirisasi, ada industrialisasi, sehingga nilai tambah betul-betul ada di dalam negeri," terang Presiden.
Presiden tekankan Kementerian Pertanian mengawal porang agar tumbuh sebagai industri 
"Kalau dulu karena masyarakat di sekitar Perhutani tidak sejahtera, akhirnya yang dilakukan adalah penebangan. Tetapi kalau ini nanti bisa betul-betul masif berkembang di seluruh wilayah Jawa atau di luar Jawa, saya kira akan betul-betul mengurangi masyarakat kita untuk merambah atau merusak hutan. Saya kira arah ke depannya akan seperti itu,” pesan Presiden.

Pertanian sendiri merupakan salah satu sektor yang tetap bisa tumbuh di tengah pandemi Covid-19. “Oleh sebab itu, saya terus menyampaikan kepada Pak Menteri Pertanian agar yang namanya porang ini betul-betul diperhatikan, ada rencana jangka sedang dan jangka panjang, jangan sampai ekspornya dalam bentuk mentahan atau umbi-umbian, kalau bisa nilai tambah itu ada di dalam negeri," tegassnya (ma).

Foto: Hendrayani Y/Setpres RI
Nama

Advertorial,13,Alutsista,261,Arsip,87,Artikel,2,ATHG,394,Bela Negara,343,Bencana Alam,1,Berita Duka,3,Bilateral,15,Bisnis,135,Budaya,4,Covid-19,22,Daerah,4,Ekonomi dan Bisnis,192,Ekonomi Politik,4,Ekraf,23,Energi,1,Footer,3,Gaya Hidup,70,Gotong Royong,2,Hankam,1,Hidup Sehat,133,Hipertensi,6,Internasional,498,IPTEK,19,Jendela Nusantara,243,Kata Bijak,7,Kegiatan Sosial,3,Kode Etik,1,Lingkungan,343,Literasi,2,Logika Berfikir,11,Maritim,5,Militer,62,Obat Alami,6,Olahraga,32,Opini,12,Pahlawan Kemerdekaan,2,Pariwisata,10,Pendapat,2,Pendidikan,10,Pesona Nusantara,440,Politik,1,Ragam,318,Sastra Budaya,7,SDA,8,SDM,425,Sehat,55,Sejarah,28,Seni Budaya,11,Sosial Budaya,2,Sosok,12,Tani Darat,123,Tani Laut,94,Teras Indonesia,531,TNI-POLRI,17,Transportasi,217,UMKM,3,Wacana,2,Wawancara,4,Wisata,11,
ltr
item
INDONESIA MANDIRI | Berita Indonesia Mandiri: Presiden: Porang Sangat Menjanjikan Sekali
Presiden: Porang Sangat Menjanjikan Sekali
“Porang ini sangat menjanjikan dan sekali lagi saya harapkan Pak Menteri ada sebuah target-target angka yang harus kita punyai sehingga para petani i
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjf2usHeiTKcFSZrsssXrkT66eVG6eQUv5xv3BSGmMo9l0SaUUGEadLV00jQFDql7zJM-fb_tSVNulbgYU7HQVU_hFqclghbG2C1dTBBZ0K8pa4Bl1bwbuo5xeJiTRdoNfxaivndvn7mQ8/w400-h266/presiden_porang+2+hy.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjf2usHeiTKcFSZrsssXrkT66eVG6eQUv5xv3BSGmMo9l0SaUUGEadLV00jQFDql7zJM-fb_tSVNulbgYU7HQVU_hFqclghbG2C1dTBBZ0K8pa4Bl1bwbuo5xeJiTRdoNfxaivndvn7mQ8/s72-w400-c-h266/presiden_porang+2+hy.jpeg
INDONESIA MANDIRI | Berita Indonesia Mandiri
https://www.indonesiamandiri.web.id/2021/08/presiden-porang-sangat-menjanjikan.html
https://www.indonesiamandiri.web.id/
https://www.indonesiamandiri.web.id/
https://www.indonesiamandiri.web.id/2021/08/presiden-porang-sangat-menjanjikan.html
true
8310179826723655374
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy