Home » » Atraksi Pesawat TNI AU Siap Semarakkan HUT Kemerdekaan RI

Atraksi Pesawat TNI AU Siap Semarakkan HUT Kemerdekaan RI

Posted by Indonesia Mandiri on Agustus 15, 2021

Pilot TNI AU pesawat tempur F-16 siap hibur masyarakat
Jakarta (IndonesiaMandiri) – Kehadiran alat utama sistem senjata (alutsista) TNI, berupa delapan pesawat tempur F-16 yang akan bermanuver tepat di atas Istana Merdeka dan pengibaran bendera ukuran raksasa bewarna Merah-Putih oleh enam helikopter TNI, bakal semarakkan Hut Kemerdekaan ke-76 Indonesia  pada 17 Agustus nanti.

Atraksi alutsista TNI tersebut diharapkan membangkitkan jiwa Nasionalisme dan semangat juang seluruh elemen bangsa dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang sedang melanda bangsa Indonesia saat ini.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah saat menghadiri pelaksanaan gladi sejumlah alutsista TNI yang akan tampil pada Upacara Peringatan HUT ke-76 RI di Istana Merdeka Jakarta (14/8).

Delapan pesawat tempur yang diterbangkan dari Lanud Iswahjudi, Magetan, Jawa Timur ini, telah mengikuti gladi dalam beberapa hari terakhir di atas Istana Negara. Manuver udara yang diperagakan oleh elang-elang besi kebanggan Indonesia ini adalah maneuver bomb burst, dipimpin oleh Danskadron Udara 3, Letkol Pnb Agus Dwi. A.

Seluruh pesawat tempur F-16 dengan call sign “Garuda Flight” bertolak dari Lanud Iswahjudi dan melakukan flypast serta manuver udara bomb burst di Istana Merdeka, kemudian mendarat di Lanud Halim Perdanakusuma. Sementara enam helikopter akan mempersembahkan momen bersejarah, dengan mengibarkan bendera raksasa Merah-Putih di atas Istana Merdeka nantinya.

Pertama kalinya helikopter TNI AU kibarkan bendera raksasa merah-putih di atas istana Merdeka
"Pengibaran bendera raksasa ukuran 20x30 meter, merupakan momen bersejarah, karena untuk pertama kalinya bendera raksasa yang berwarna Merah-Putih dikibarkan oleh pesawat helikopter TNI AU,” jelas Marsma TNI Indan.

Misi penerbangan helikopter dengan call sign “Nusantara Flight” dipimpin Letkol Pnb Akhmad Mauludin ini, akan mengibarkan bendera raksasa Merah-Putih pada ketinggian 1.000 kaki dengan metode “Sling Load Operation”. Pada Minggu (15/8) akan dilaksanakan latihan serupa, sebelum tampil pada 17 Agustus 2021 nanti (ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

.