BPPT Miliki Peran Strategis Majukan Bangsa

Jakarta (IndonesiaMandiri) – “BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) harus memainkan peran penting bagi republik ini,” kata Menteri Koordinat

Kualitas riset di dalam negeri perlu terus ditingkatkan
Jakarta (IndonesiaMandiri) – “BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) harus memainkan peran penting bagi republik ini,” kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan, pada acara Puncak HUT ke-43 Tahun BPPT yang diadakan secara virtual (23/8). Ia  mendorong pentingnya inovasi teknologi penting untuk terus didukung demi kemajuan bangsa.

Luhut menekankan bagaimana teknologi dan inovasi kini mampu mendukung peningkatan penggunaan produksi dalam negeri, khususnya dalam masa Pandemi Covid-19. Penanganan Covid-19 pun tidak luput dari pemanfaatan teknologi yang ada. Salah satu contohnya pemanfaatan aplikasi  Peduli Lindungi sebagai alat tracing yang menjadi bagian dari strategi utama penanganan Covid-19.

“Juga dengan aplikasi-aplikasi yang lain, inovasi ini begitu baik demi mencegah penularan. Virus Corona yang terus bermutasi harus mendorong negeri ini untuk menata kembali sistem bernegara dan tata kelola kesehatan. Garis komando dari Pemerintah Pusat, Gubernur dan kebawah lagi harus diperbaiki. Masalah ini harus kita cari inovasinya bersama,” jelas Luhut.

Di satu sisi, pemulihan ekonomi berangsur-angsur membaik tetapi tetap perlu diperhatikan. "Pembukaan aktivitas masyarakat harus dibarengi dengan protokol kesehatan dan tracing yang jelas. Si Lacak dan aplikasi lainnya akan terus di utilize kedepannya. jadi harus terus diperbaiki dan dikembangkan," sebut Luhut.

Mengutip arahan Presiden Jokowi,  dikatakan pemerintah bersama masyarakat harus bekerja konkret dan melakukan aksi nyata. "Kita tidak boleh selalu terjebak dengan konsep dan wacana,” ingatnya. Oleh karena itu, Luhut mengajak semua pihak untuk mengintegrasikan seluruh kemungkinan inovasi di negeri ini.

“Kita semua harus jadi satu, tidak terkotak-kotak dan tidak merasa paling hebat. Yang hebat adalah disaat kita mampu bekerja dalam tim,” pesan Luhut. Pidato Kenegaraan Presiden dalam HUT RI Ke-76  juga mendukung adanya perkembangan ekonomi yang berbasis inovasi dan teknologi.

Riset, investasi dan aksi nyata harus dilaksanakan dari hulu ke hilir, sehingga tercipta kemandirian bangsa dalam mengurus berbagai proyek-proyek investasi besar seperti Green Energy Industri Kaltara, dan Weda Bay Industrial Park yang dipenuhi dengan generasi muda inovatif.

“Penguatan implementasi P3DN harus mengintegrasikan penemuan-penemuan anak bangsa yang ada,” terang Luhut. Langkah inovasi bagi lingkungan hidup, hankam, pangan dan energi harus di eksekusi dan betul-betul dijalankan.

Masa pandemi memacu kita untuk melakukan berbagai inovasi baru
Di Peringatan HUT ke-43 BPPT turut dihadiri Kepala BPPT Hammam Riza, Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Kepala BRIN RI Laksana Tri Handoko dan Komisaris Utama Telkom dan Bukalapak Prof. Bambang P.S. Brodjonegoro.  Airlangga menambahkan, pentingnya digitalisasi, coding, Kecerdasan Artifisial, dan perkembangan bio-technology demi majunya perkembangan teknologi Indonesia.

“Pengembangan vaksin merah putih harus terus dikembangkan, menggunakan bio-technology ini sehingga kita tidak ketergantungan dengan vaksin impor dan memajukan ranah teknologi bangsa,” ungkapnya (ma).

Nama

Advertorial,13,Alutsista,261,Arsip,87,Artikel,2,ATHG,394,Bela Negara,343,Bencana Alam,1,Berita Duka,3,Bilateral,15,Bisnis,135,Budaya,4,Covid-19,22,Daerah,4,Ekonomi dan Bisnis,192,Ekonomi Politik,4,Ekraf,23,Energi,1,Footer,3,Gaya Hidup,70,Gotong Royong,2,Hankam,1,Hidup Sehat,133,Hipertensi,6,Internasional,498,IPTEK,19,Jendela Nusantara,243,Kata Bijak,7,Kegiatan Sosial,3,Kode Etik,1,Lingkungan,343,Literasi,2,Logika Berfikir,11,Maritim,5,Militer,62,Obat Alami,6,Olahraga,32,Opini,12,Pahlawan Kemerdekaan,2,Pariwisata,10,Pendapat,2,Pendidikan,10,Pesona Nusantara,440,Politik,1,Ragam,318,Sastra Budaya,7,SDA,8,SDM,425,Sehat,55,Sejarah,28,Seni Budaya,11,Sosial Budaya,2,Sosok,12,Tani Darat,123,Tani Laut,94,Teras Indonesia,531,TNI-POLRI,17,Transportasi,217,UMKM,3,Wacana,2,Wawancara,4,Wisata,11,
ltr
item
INDONESIA MANDIRI | Berita Indonesia Mandiri: BPPT Miliki Peran Strategis Majukan Bangsa
BPPT Miliki Peran Strategis Majukan Bangsa
Jakarta (IndonesiaMandiri) – “BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) harus memainkan peran penting bagi republik ini,” kata Menteri Koordinat
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg4mI9ndUqR7RdfuqKVMKcP9_yph1oSR-BNCrOSpxlQDbmEaxIsocuLtzkjG7LflD78IMPM4aNhqDQdZKjiRXahnEB7tCYZJTUYlrvA86npidmDs0LJVH2uVhPTYXsXW7j2BvBtT9BQHCY/w400-h266/riset+makanan.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg4mI9ndUqR7RdfuqKVMKcP9_yph1oSR-BNCrOSpxlQDbmEaxIsocuLtzkjG7LflD78IMPM4aNhqDQdZKjiRXahnEB7tCYZJTUYlrvA86npidmDs0LJVH2uVhPTYXsXW7j2BvBtT9BQHCY/s72-w400-c-h266/riset+makanan.jpeg
INDONESIA MANDIRI | Berita Indonesia Mandiri
https://www.indonesiamandiri.web.id/2021/08/bppt-miliki-peran-strategis-majukan.html
https://www.indonesiamandiri.web.id/
https://www.indonesiamandiri.web.id/
https://www.indonesiamandiri.web.id/2021/08/bppt-miliki-peran-strategis-majukan.html
true
8310179826723655374
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy