Home » , » Jelang Hut RI, “Merci-Beyond BalI” Promosi Parekraf Indonesia Di Paris

Jelang Hut RI, “Merci-Beyond BalI” Promosi Parekraf Indonesia Di Paris

Posted by Indonesia Mandiri on Juli 28, 2021

Promosi parekraf Indonesia di Prancis gencar dilakukan meski di masa pandemi
Paris (IndonesiaMandiri) –  “Indonesia tidak hanya kaya akan keanekaragaman hayati. Namun juga dipenuhi dengan bakat dan talenta yang modern dan inovatif dalam berkreasi,” ucap Duta Besar RI untuk Perancis Arrmanatha Nasir pada pembukaan Merci Beyond Bali, di sebuah toko konsep Merci di Paris, beberapa hari lalu.

Selama satu bulan penuh, pesona pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) Indonesia akan mengisi saung-saung dan rak toko Merci di kota Paris. Hadirnya produk Indonesia di Merci menunjukan, meskipun di tengah pandemi COVID-19, masyarakat Indonesia yang tangguh terus berkarya, untuk tumbuh dan pulih dari dampak pandemi.

“Merci Beyond Bali hadir mengobati rindu masyarakat Prancis yang tidak dapat berlibur menikmati keindahan budaya Indonesia dan hijaunya pemandangan di Zamrud Khatulistiwa, akibat pandemi COVID-19,” jelas Nasir.

Promosi Merci Beyond Bali rencana dilakukan 2020. Lalu ditunda tahun ini dalam rangka menyambut bulan kemerdekaan Republik Indonesia  ke-76. Lobby utama toko Merci di tranformasi secara istimewa dalam dekor saung-saung di tengah pepohonan hijau, sawah berundak-undak seperti di Bali. Tiap saung menampilkan berbagai kekayaan kreativitas nusantara disuguhkan sekitar 28 brand dari Indonesia.

Mulai dari produk fashion, busana, aksesoris dan pernak pernik, tas dan dompet, sampai dengan perabotan dan peralatan makan, semua bertuliskan “Made in Indonesia”. Produk ini merupakan hasil kurasi toko Merci sendiri dan didatangkan dan dibelinya langsung dari Indonesia. Sejumlah barang pun sudah laku terjual di hari pertama promosi.

“CEO Merci menyampaikan kepada saya bahwa akan melakukan re-order untuk beberapa produk karena sudah sold out,” aku Nasir. Sambiut Hut 76 tahun kemerdekaan Indonesia, toko Merci akan mendesign suatu kaos khusus dijual secara eksklusif dan terbatas pada 17 Agustus 2021. “Walaupun design kaos masih di rahasiakan, CEO Merci memberi bocoran design yang dibuat diharapkan  dapat memberi semangat untuk Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh,” sebut Nasir.

Acara pembukaan Merci Beyond Bali dihadiri mitra KBRI Paris dari kalangan pengusaha, desainer, budayawan, media Prancis dan Indonesia serta kalangan Pemerintah dan Parlemen Prancis. Serta ada penampilan Tari Bali dan Tari Burung Enggang Kalimantan, serta dilengkapi sajian kuliner khas Indonesia, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Sebelum memasuki toko, para tamu harus menunjukkan bukti vaksinasi lengkap (Health Pass) sesuai dengan kebijakan Pemerintah Prancis.

Rangkaian acara peringatan 76 tahun kemerdekaan Republik Indonesia akan berlanjut di toko Merci dengan Business Gathering, 28 Juli 2021, mengundang kehadiran komunitas bisnis Prancis. Acara ini juga akan menjadi kesempatan promosi komoditas kopi dan teh Indonesia. Selanjutnya, pada 29 Juli 2021, promosi kreativitas Indonesia dilaksanakan dalam demonstrasi pembuatan batik dimana peserta dapat mempraktekan sendiri secara langsung proses pembuatan batik.

Tim KBRI Paris siapkan sarana promosi menarik di Toko Merci
Kunjungan virtual masyarakat Prancis ke Indonesia juga diwujudkan dalam pameran foto-foto situs warisan budaya dunia yang berada di Indonesia. Dengan stimulasi virtual ini, masyarakat Prancis pengunjung pameran diharapkan terpicu rasa ingin tahunya lebih lanjut mengenai Indonesia, dan ketika waktunya tiba, untuk datang mengunjungi dan menikmati keindahan Indonesia secara langsung.

Dalam satu tahun terakhir, KBRI Paris telah berkolaborasi antara lain dengan Merci, Christian Dior, My Little Warung, dan Ithemba untuk mempromosikan berbagai produk Indonesia. Mekanisme kerja sama memberikan keleluasaan bagi partner di Prancis untuk melakukan kurasi dan secara langsung membeli dan mengurus semua proses impor dari Indonesia.

Toko Merci adalah sebuah concept store yang didirikan sejak Maret 2009 di tengah kota Paris, yaitu di daerah Haut-Marais. Toko ini menjadi tempat penjualan berbagai produk desain, fashion dan peralatan rumah tangga berkualitas premium. Setiap tahun, toko Merci dikunjungi sekitar 1,5 juta pengunjung. Di media sosial Instagram, @merciparis memiliki lebih dari 406 ribu followers, dan postingan toko Merci selalu banyak mendapatkan ribuan likes (ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

.