Home » » Universitas Hasanuddin Ikut Kembangkan SDM Kepariwisataan

Universitas Hasanuddin Ikut Kembangkan SDM Kepariwisataan

Posted by Indonesia Mandiri on Juni 19, 2021

Kemenparekraf dan Unhas Makassar jalin kerjasamsi penguatan
Makassar
 (IndonesiaMandiri) – "Kami baru saja menandatangani kesepakatan dengan Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar. Kemenparekraf akan mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif khususnya dalam pendekatan pembangunan sumber daya manusia. COVID-19 ini memaksa kita meningkatkan keterampilan-keterampilan berkaitan dengan akselerasi digitalisasi dan juga adaptasi protokol kesehatan," kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mengajak Unhas dalam upaya meningkatkan kinerja sektor parekraf melalui pengembangan sumber daya manusia (SDM).

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dilakukan Sekretaris Kemenparekraf/Sekretaris Utama Baparekraf Ni Wayan Giri Adnyani dengan Rektor Unhas Makassar Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, M.A di Gedung Rektorat Unhas, Makassar (18/6), disaksikan Menparekraf, serta disaksikan secara daring oleh Ketua Majelis Wali Amanat Unhas, Komjen Pol. (P) Dr. (HC) Drs H Syafruddin, M.Si.

Menurut Sandiaga, pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan akan menjadi tumpuan ke depan. Khususnya di era adaptasi kebiasaan baru pascapandemi COVID-19 sehingga dibutuhkan kebijakan-kebijakan yang tepat manfaat, tepat sasaran, dan tepat waktu. Dan, pengembangan SDM menjadi salah satu faktor kunci.

Kemenparekraf bersama  Unhas juga sepakat, kedepan akan berupaya menghadirkan ekonomi yang berkeadilan dan berkelanjutan. Ekonomi yang terbuka untuk kebangkitan Indonesia menuju Indonesia Emas 2045. "Oleh karena itu, pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan akan menjadi tumpuan sehingga kebijakan-kebijakan yang tepat manfaat, tepat sasaran, dan tepat waktu bisa tereksekusi dengan baik," papar Sandiaga.  

Rektor Universitas Hasanuddin Makassar mengatakan, pihaknya siap mendukung program Kemenparekraf dan Unhas Makassar sendiri telah lama turut andil dalam pengembangan parekraf, seperti pendampingan bagi masyarakat dalam penataan lingkungan di daerah Rammang-Rammang juga daerah wisata di Toraja.

"Sehingga apa yang ingin diharapkan dari MoU ini bukan baru akan kami mulai, tapi sudah berjalan dan sekarang dengan diwadahi oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan lebih sukses. Kami akan fokus pada pendampingan pada home industry (UMKM) dengan produk lokal didukung digitalisasi, distandardisasi, serta dipasarkan dengan berbasis digital," jelas Dwia Aries.

Dalam waktu dekat Universitas Hasanuddin Makassar juga akan menawarkan jenjang pendidikan D4 untuk program studi Destinasi Wisata di Kabupaten Selayar (js/ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Defense Equipment