Home » » Lima Kepala Daerah Perkuat Sinergi Sektor Parekraf

Lima Kepala Daerah Perkuat Sinergi Sektor Parekraf

Posted by Indonesia Mandiri on Juni 16, 2021

Jember yang berpengalaman buat event internasional bisa berbagi pengalaman ke daerah lain
Jakarta (IndonesiaMandiri) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, meminta lima Kepala Daerah dari Kabupaten Jember, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Kabupaten Nias Utara, Kabupaten Toba, dan Kota Singkawang, untuk memperkuat sinergi dalam mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parelraf).

Dalam acara KolaborAksi Regional 1 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat (15/6), Menparekraf menyarankan bentuk kolaborasi yang dapat dilakukan berupa pelaksanaan manajemen destinasi pariwisata dengan kerja sama antara pusat dan daerah serta pelaksanaan event-event yang mengedepankan tradisi dan budaya setempat.

“Dengan kolaboraksi ini kita mewujudkan kerja sama. Selama ini kita asyik berkompetisi, kita lupa nilai luhur bangsa kita yaitu gotong-royong. Lima kabupaten kota yang hadir di sini, bisa menyiapkan rencana kerja sama, dan bisa saling bersinergi,” ujar Sandiaga.

Misalnya, tambah Sandiaga, Kabupaten Jember mengajak Kabupaten Ogan Komering Ilir, Kabupaten Nias Utara, Kabupaten Toba, dan Kota Singkawang bersinergi, agar bisa menularkan kreativitas kelola produk parekraf. Pasalnya, Jember telah dikenal dengan karnaval berkualitas internasional.

Kolaborasi menjadi strategi penting memajukan sektor parekraf
"Jember ini sudah sangat maju dalam memajukan ekonomi kreatifnya, jadi harus bisa mengajak kabupaten kota lain untuk bergandengan tangan semacam cleaning program agar Jember bisa menularkan kreativitasnya termasuk dari segi musik dan subsektor-subsektor yang ada di ekonomi kreatif," kisah Sandiaga .

Selain itu, Sandiaga juga meminta Bupati Jember untuk berinovasi dan beradaptasi dengan situasi terkini  menghadirkan event hybrid berkualitas internasional. Tak hanya itu, Sandiaga juga mengarahkan Wali Kota Singkawang untuk menggelar event berkualitas internasional dengan mengusung tema toleransi beragama. Sebab, Singkawang telah dikenal kota yang paling toleran se-Indonesia.

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Defense Equipment