Home » » Perkuat SDM, Kemenparekraf-tiket.com Gelar Cross Internship Program

Perkuat SDM, Kemenparekraf-tiket.com Gelar Cross Internship Program

Posted by Indonesia Mandiri on Mei 09, 2021

Kerjasama ini menguatkan peran SDM kedua pihak dalam meningkatkan kinerja
Jakarta (IndonesiaMandiri) – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menggandeng tiket.com menjalin kerja sama untuk mengembangkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) melalui Cross Internship Program.

Cross Internship Program adalah program pertukaran pegawai Kemenparekraf dengan tiket.com yang memungkinkan pesertanya mempelajari secara langsung pengalaman serta budaya kerja dari masing-masing instansi. Diharapkan dari kegiatan ini peserta mendapatkan pengalaman belajar melalui kegiatan mengamati, mengadaptasi, menganalisis, dan berdiskusi best practice di tempat magang.

Menparekraf Sandiaga Uno menyampaikan (7/5), Cross Internship Program  menjadi peluang kreatif bagi Kemenparekraf, di mana secara internal menjadi pilihan baru dalam pilihan pengembangan diri pegawai, sementara secara eksternal dapat mendekatkan hubungan antar stakeholder di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Program ini akan memiliki banyak manfaatnya untuk kita semua. Di dunia usaha kita ternyata punya beberapa pilar-pilar yang dapat kita bawa di pemerintahan untuk meningkatkan kinerja kita. Sedangkan yang di pemerintahan banyak juga pilar-pilar yang digunakan untuk dibawa ke dunia usaha. Misalnya, di dunia usaha kita akan belajar berinovasi, sedangkan di pemerintahan bisa belajar pendekatan pemikiran secara holistik dan kedisiplinan terhadap institusi. Nah ini juga bisa kita bawa di instansi dunia usaha. Maka saya ingin cross internship ini dilakukan karena kita bisa belajar dari dua sisi," jelas Sandiaga.

Sementara itu, Sekretaris Kementerian/Sekretaris Utama Kemenparekraf/Baparekraf, Ni Wayan Giri Adnyani menambahkan, Cross Internship Program akan dilaksanakan selama 6 bulan, dimulai pada 1 Juni hingga 1 Desember 2021, dilakukan dengan dua metode yaitu coach dan coachee, serta webinar selama 1 bulan sekali dalam 6 bulan.

"Coach and Coachee dilakukan dengan mengirimkan pegawai Kemenparekraf yang akan magang di tiket.com, sedangkan webinar dilakukan dengan pemaparan materi by request theme. Dipersilakan semua pegawai tiket.com dan ASN untuk ikut dalam seleksi. Program ini dirancang dengan memperhatikan hak dan kewajiban, serta manfaat bagi peserta,"paparn Giri.

Menurut Chief People Officer tiket.com, Dudi Arisandi, pada gelombang pertama, tiket.com membuka dua direktorat untuk Cross Internship Program 2021. Yakni direktorat marketing dan direktorat people. "Untuk batch pertama ini di tiket.com ada dua direktorat untuk pemagangan, yang pertama direktorat marketing. Mulai dari brand marketing dan juga public relation sementara itu di performance marketing ada online marketing dan SEO. Lalu juga ada direktorat people yaitu di learning , organization development, culture dan engagement_," ungkapnya (ma/vh).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

.