Home » » Pemerintah Pacu Kolaborasi Dengan Pemda Bangkitkan Sektor Parekraf

Pemerintah Pacu Kolaborasi Dengan Pemda Bangkitkan Sektor Parekraf

Posted by Indonesia Mandiri on Mei 20, 2021


Tiap Pemda harus miliki peta potensi parekrafnya
Jakarta (IndonesiaMandiri) – "Rapat koordinasi ini kami gelar tidak hanya untuk mendengar potensi yang ada di masing-masing kabupaten/kota, tapi juga potensi kolaborasi yang dapat kita langsung eksekusi ke depan," kata Menparekraf Sandiaga Uno, saat rapat Kolabor-Aksi Regional I mengundang bupati/wali kota dari sembilan Kabupaten/Kota di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Kantor Kemenparekraf/Baparekraf, Jakarta (19/5).

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) terus memperkuat kolaborasi kerjasama dengan pemerintah daerah/Pemda dalam upaya membangkitkan dan memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak pandemi COVID-19.

Kesembilan kepala daerah itu yakni Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus; Wali Kota Tarakan Khairul; Wakil Bupati Sukabumi Iyos Sumantri; Bupati Subang Ruhimat; Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika; Bupati Blora Arief Rohman, Wali Kota Bandung Oded M. Danial; Bupati Aceh Selatan Tgk Amran; serta Wali Kota Dumai Paisal.
Kolaborasi yang tepat antara pusat dan daerah bisa cepat gairahkan sektor parekraf
Menurut Sandiaga, kepala daerah harus dapat memetakan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di daerah masing-masing. Pengembangannya pun harus dilakukan dengan baik, memperhatikan diversifikasi dengan kabupaten/kota sekitar. Termasuk penyelenggaraan event yang akan menjadi daya tarik wisata. Sehingga diharapkan parekraff dapat menjadi penggerak ekonomi daerah.

"Kemenparekraf akan memberikan pendampingan. Tidak hanya dalam melaksanakan event, tapi juga dalam menjalankan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin," janji Sandiaga. Bupati Subang, Ruhimat, berharap melalui kegiatan ini akan terjadi sinergitas antara pusat dan daerah dalam rangka membangun bersama berbagai potensi parekraf di daerahnya (ma/jna).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

.