Lima Orangutan Dilepasliarkan Di Hari Keanekaragaman Hayati

Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (BTNBBBR) di Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat/Kalbar, bekerjasama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Ala

Salah satu orangutan yang dilepasliarkan di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya
Melawi/Kalbar
 (IndonesiaMandiri) – Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (BTNBBBR) di Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat/Kalbar, bekerjasama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalbar dan mitra Yayasan IAR Indonesia kembali melakukan pelepasliaran lima individu orangutan (Pongo pygmaeus) di dalam kawasan TNBBBR, Sintang (25/5).

Kegiatan pelepasan Tim Pelepasliaran dilakukan dari kantor SPTN Wilayah I Nanga Pinoh oleh Bupati Melawi yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Melawi. "Orangutan merupakan salah satu spesies kera besar yang keberadaannya sangat penting dalam menjaga keseimbangan dan kesehatan ekosistem. Keberadaan orangutan yang berhasil berkembang biak menjadi salah satu indikator kondisi hutan yang masih baik, tidak hanya untuk orangutan tapi juga satwa-satwa lainnya," ucap Bupati.

Orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus) merupakan satwa dilindungi sesuai UU No. 5/1990 dan masuk dalam redlist IUCN dengan status Critically endangered/Kritis. Sebagai satwa dilindungi dengan status kritis, pelestarian orangutan tak hanya menjadi perhatian para pihak di tingkat nasional bahkan dunia internasional. Untuk itu perlu dukungan semua pihak baik pemerintah pusat, daerah, perguruan tinggi, LSM, swasta, masyarakat dan media dalam upaya pelestariannya.

Seiring dengan peringatan Hari Keanekaragaman Hayati tiap 22 Mei, dimana tahun ini bertema “Kita Adalah Bagian Dari Solusi”, menyiratkan kita sebagai umat manusia merupakan bagian yang tak terpisahkan dari keberlangsungan kelestarian keanekaragaman hayati. Pelepasliaran orangutan ini menjadi salah satu upaya untuk menjamin keanekaragaman hayati kita tetap lestari.

Kepala BKSDA Kalbar Sadtata Noor Adirahmanta menambahkan, pelepasliaran ini adalah rangkaian kegiatan pelepasliaran tumbuhan dan satwa liar (TSL) oleh KLHK bertajuk “Living in Harmony With Nature”, Melestarikan Satwa Liar Milik Negara.

"Kelima individu orangutan yang dilepasliarkan ini bernama Cantik, Pungky, Tribun, Sigit dan Tina yang berasal dari hasil penyelamatan dan penyerahan masyarakat. Semuanya telah melalui proses rehabilitasi dan berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan pre-rilis kelima orangutan ini telah dinyatakan sehat serta memiliki perilaku yang dapat menunjang kehidupan di alam liar," ungkapnya.

Perjalanan menuju titik pelepasliaran di Kawasan TNBBBR ini memerlukan waktu tempuh yang cukup panjang. Tim pelepasliaran memulai perjalanan dari kantor SPTN Wilayah I Nanga Pinoh, lewat jalan darat dari Kabupaten Ketapang menuju Kabupaten Melawi sekitar 700 kilometer, dilanjutkan dengan  perahu mesin dan berjalan kaki selama kurang lebih 4-6 jam menuju titik pelepasan.  

Kepala Balai TNBBBR Agung Nugroho menyebut, pelepasliaran ini dilakukan dengan melalui serangkaian kegiatan dan kajian. Semua dilakukan untuk memastikan orangutan yang telah dilepasliarkan dapat hidup aman dan nyaman.

 

"Ketika pelepasliaran dilakukan bukan berarti kerja kita selesai. Tim monitoring akan bekerja tetap selama lebih kurang tiga bulan untuk memastikan setiap orangutan yang dilepasliarkan dapat beradaptasi dengan habitat barunya. Harapannya, orangutan yang dilepaskan di dalam kawasan TNBBBR ini mampu membentuk populasi baru dan mempertahankan eksistensi spesiesnya,"papar Agung.

Hingga saat ini Balai TNBBBR bersama BKSDA Kalbar dan mitra YIARI telah melepas 56 orangutan sejak 2016. Sedangkan total pelepasliaran yang telah dilakukan sejak 2016 diseluruh kawasan TNBBBR yang berada di Provinsi Kalbar dan Kalteng sebanyak 227 individu dan termonitor kelahiran baru di alam sebanyak 5 (lima) individu (ma).

Nama

Advertorial,13,Alutsista,261,Arsip,87,Artikel,2,ATHG,394,Bela Negara,343,Bencana Alam,1,Berita Duka,3,Bilateral,15,Bisnis,135,Budaya,4,Covid-19,22,Daerah,4,Ekonomi dan Bisnis,192,Ekonomi Politik,4,Ekraf,23,Energi,1,Footer,3,Gaya Hidup,70,Gotong Royong,2,Hankam,1,Hidup Sehat,133,Hipertensi,6,Internasional,498,IPTEK,19,Jendela Nusantara,243,Kata Bijak,7,Kegiatan Sosial,3,Kode Etik,1,Lingkungan,343,Literasi,2,Logika Berfikir,11,Maritim,5,Militer,62,Obat Alami,6,Olahraga,32,Opini,12,Pahlawan Kemerdekaan,2,Pariwisata,10,Pendapat,2,Pendidikan,10,Pesona Nusantara,440,Politik,1,Ragam,318,Sastra Budaya,7,SDA,8,SDM,425,Sehat,55,Sejarah,28,Seni Budaya,11,Sosial Budaya,2,Sosok,12,Tani Darat,123,Tani Laut,94,Teras Indonesia,531,TNI-POLRI,17,Transportasi,217,UMKM,3,Wacana,2,Wawancara,4,Wisata,11,
ltr
item
INDONESIA MANDIRI | Berita Indonesia Mandiri: Lima Orangutan Dilepasliarkan Di Hari Keanekaragaman Hayati
Lima Orangutan Dilepasliarkan Di Hari Keanekaragaman Hayati
Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (BTNBBBR) di Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat/Kalbar, bekerjasama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Ala
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgHJ-RvRyp9pRNub7RPk7rzhiIauTK1WyBSOplzQPYD7HGELzt5Z2LHdZZkLfgLdZOEcX4EFIPzZWlLJSpgU_Jn5ChTu1Zan2AN9C_0cEDdaVryu6mKpv2PC8OiET-CFictsKAVMtd0Slc/w400-h285/tnbbbr_orangutan.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgHJ-RvRyp9pRNub7RPk7rzhiIauTK1WyBSOplzQPYD7HGELzt5Z2LHdZZkLfgLdZOEcX4EFIPzZWlLJSpgU_Jn5ChTu1Zan2AN9C_0cEDdaVryu6mKpv2PC8OiET-CFictsKAVMtd0Slc/s72-w400-c-h285/tnbbbr_orangutan.jpeg
INDONESIA MANDIRI | Berita Indonesia Mandiri
https://www.indonesiamandiri.web.id/2021/05/lima-orangutan-dilepasliarkan-di-hari.html
https://www.indonesiamandiri.web.id/
https://www.indonesiamandiri.web.id/
https://www.indonesiamandiri.web.id/2021/05/lima-orangutan-dilepasliarkan-di-hari.html
true
8310179826723655374
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy