Jakarta (IndonesiaMandiri) – "Saya mendukung penuh berbagai inisiatif yang dapat memajukan brand lokal untuk terus berkembang dan menguatkan satu sam
![]() |
Masyarakat diharapkan lebih sering memakai produk lokal guna gairahkan usaha ekraf nasional |
Meski masih ditengah suasana pandemic Covid-19, Sandiaga memuji masyarakat Indonesia yang begitu bersemangat, terutama pelaku ekonomi kreatif (ekraf) untuk berkolaborasi, beradaptasi, dan berinovasi. Pandemi ini juga memperlihatkan betapa kuatnya potensi pasar dalam negeri di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf).
Sandiaga mengungkapkan, kampanye ini merupakan salah satu pionir dalam membentuk ekosistem ekonomi kreatif di Indonesia. Pada kampanye HBBL 2020, ada sekitar seribu jenama lokal yang ikut berpartisipasi. "Tahun ini saya percaya jumlah tersebut bisa tumbuh berlipat ganda," tambahnya.
Menparekraf mengajak para pelaku ekraf untuk berpartisipasi dalam HBBL 2021, sehingga para pelaku ekonomi kreatif bisa mempromosikan bisnisnya dengan cakupan lebih luas. "Maksimalkan kesempatan ini untuk mempromosikan produk kepada masyarakat luas. Bahwa produk lokal tidak kalah istimewanya dengan produk luar negeri," seru Sandiaga.
Intinya, pesan Sandiaga, agar masyarakat Indonesia selalu mencintai dan memakai produk lokal dalam kehidupan sehari-hari. "Mari dukung terus ekonomi kreatif Indonesia dengan berbelanja di Hari Belanja Brand Lokal 2021," terang Sandiaga. Dan, bagi pelaku ekraf yang tertarik ikut serta dalam kampanye ini, dapat mendaftar dengan mengisi formulir registrasi di situs www.hbbl2021.com secara gratis (vh/dh).