Jakarta (IndonesiaMandiri) – “Kesuksesan di kuartal ke-4 merupakan hasil dari perubahan struktur organisasi perusahaan secara menyeluruh pada perteng
Model bisnis online dan di masa pandemi banyak raih keuntungan bagi MAPA |
PT Map Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA), adalah anak perusahaan sports & leisure PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP), mengumumkan capaian kinerja di 2020. Pendapatan bersih perusahaan turun sebesar 36,0% menjadi Rp4,8 triliun, sementara margin laba kotor tercatat sebesar 40,0%. Beban usaha turun 23% YoY dan laba usaha tercatat Rp80 miliar. Sementara perusahaan mencatatkan laba bersih Rp4 miliar.
Di Indonesia, perusahaan yang bergerak dalam penjualan produk olahraga, hiburan, kebutuhan anak dan sepatu ini, memiliki 1.121 gerai di 79 kota. Serta mengelola lebih dari 150 merek. MAPA juga memiki jaringan ritel multi-brand eksklusif, termasuk Planet Sports Asia, Sports Station, Golf House, Ogaan, Kidz Station, dan Planet Sports Kids.
Memasuki kuartal ke-4, pendapatan bersihnya tercatat sejumlah Rp1,6 triliun, tumbuh 43,9% dari kuartal ke-3. Margin laba kotor naik 190bps dari 38,9% menjadi 40,8% di kuartal ke-4. Sejalan dengan itu, perusahaan berhasil membukukan laba usaha kuartal ke-4 sebesar Rp184 miliar, membaik dari rugi usaha kuartal ke-3 mencapai Rp9 miliar.
Penjualan MAPA pada kuartal ke-4 melampaui ekspektasi manajemen seiring meningkatnya momentum di seluruh lini usaha sports, leisure shoes dan Kids (games dan toys) dengan laju tercepat dalam 12 bulan. Permintaan tinggi dari para pelanggan dipacu oleh strategi barunya, yakni Unified Retail yang mengintegrasikan platform online, offline dan program loyalty menjadi satu jalur komunikasi pelanggan.
“Pemasaran multi-channel ini memberikan ‘kenyamanan dan pilihan’ kepada pelanggan mengenai kapan, dimana dan bagaimana mereka membeli produk kami,” tambah Ratih. Dengan demikian, lanjut Ratih, “Struktur baru ini memanfaatkan keanggotaan MAP CLUB secara maksimal untuk dapat berinteraksi langsung dengan para pelanggan di seluruh gerai fisik maupun digital. Hal ini meningkatkan respon tim merchandising dan pemasaran atas kebutuhan pelanggan, yang merupakan peluang bagi MAPA untuk meraih pertumbuhan yang menguntungkan.”
Pembatasan operasional di masa pandemi Covid-19, memang masih berlangsung, memicu percepatan pertumbuhan penjualan pada platform digital multi-brand dan mono brand milik MAPA. Penjualan online pada kuartal ke-4 naik 24% dari kuartal ke-3, dan hampir mencapai 10% dari total penjualan pada kuartal ke-4.
Di pasar Asean, pertumbuhan kinerja anak usaha baru MAPA di Filipina, Thailand dan Vietnam terus meningkat, meskipun pusat perbelanjaan dan gerai fisik hanya beroperasi 50% sepanjang kuartal ke-4. MAPA juga akan membawa kesuksesan dari aplikasi loyalty MAP CLUB di Indonesia ke pasar Asean pada semester kdua 2021, agar menjadi program loyalty premium terbesar di tingkat regional.
“Kami memiliki banyak kesempatan menarik di tahun 2021, bersama dengan posisi keuangan yang lebih solid untuk mengokohkan serta meningkatkan kapasitas agar seluruh target perusahaan tercapai. Masa depan jangka panjang perusahaan terlihat menjanjikan,” ungkap Ratih (ma).
Foto: abri