Home » » Badan Restorasi Gambut Dan Mangrove Lantik Pengurus

Badan Restorasi Gambut Dan Mangrove Lantik Pengurus

Posted by Indonesia Mandiri on April 10, 2021

KLHK menjawab pesan Presiden agar peran BRGM segera terlihat di lapangan
Jakarta (IndonesiaMandiri) – “Sinergi menjadi sangat penting. Pelantikan ini jangan hanya dilihat linier dan simbolik. Karena independensi BRGM tetap dijaga. Meski begitu, dengan mandat tugasnya (BRGM) yang begitu berat, dan tidak mungkin dikerjakan sendiri, kita harus bersama-sama di lapangan, tidak cukup sekedar analisis atau asumsi-asumsi, tetapi field check, kerja kerja kerja, dan real check control di lapangan,” ucap Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan/LHK Siti Nurbaya.

Siti Nurbaya melantik dua Pejabat Tinggi Madya (Eselon I) lingkup KLHK di Auditorium Dr. Soedjarwo Manggala Wanabakti Jakarta (9/4). Adapun pejabat yang dilantik yaitu Ruandha Agung Sugardiman sebagai Direktur Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan (PKTL) dan Laksmi Dhewanthi sebagai Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim (PPI).

Serta, melantik lima Pejabat Tinggi Madya lingkup Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) oleh Kepala BRGM Hartono. Yaitu Ayu Dewi Utari sebagai Sekretaris BRGM, Satyawan Pudyatmoko sebagai Deputi Bidang Perencanaan dan Evaluasi, Tris Raditian sebagai Deputi Bidang Konstruksi, Operasi, dan Pemeliharaan, Myrna Asnawati Safitri sebagai Deputi Bidang Edukasi dan Sosialisasi, Partisipasi, dan Kemitraan serta Gatot Soebiantoro sebagai Deputi Bidang Pemberdayaan Masyarakat.

Siti mengatakan, pelantikan ini mendesak dilakukan, mengingat ketujuh posisi di KLHK dan BRGM tersebut merupakan motor-motor dari urat nadi, dan core (inti) persoalan-persoalan lingkungan dan kehutanan yang ada sekarang.

Ditekankan pula, ada hal penting di balik pelaksanaan pelantikan Pejabat Tinggi Madya KLHK dan BRGM,  menandakan persoalan dihadapi melibatkan instrumen kebijakan yang majemuk. Sehingga, diperlukan kerja simultan dan bersinergi antara KLHK dan BRGM.

Siti menekankan seluruh jajaran di KLHK membantu sepenuhnya BRGM di dalam operasional kerja-kerja di lapangan. Keberadaan Wakil Menteri LHK Alue Dohong yang sebelumnya juga menjadi salah satu pejabat di BRG memperkuat kerja bersama ini.

Kepala BRGM Hartono menyambut baik inisiatif kolaborasi dan sinergi antara KLHK dan BRGM. Hartono mengatakan perpanjangan tugas yang diemban BRGM untuk melanjutkan tugas restorasi gambut dan ditambah dengan restorasi mangrove, membutuhkan dukungan dari Kementerian/Lembaga terkait, khususnya KLHK, begitu juga dengan peran Pemerintah Daerah (lw).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala