Home » » Alumni Lemhannas Bikin Lembaga Kajian Strategis

Alumni Lemhannas Bikin Lembaga Kajian Strategis

Posted by Indonesia Mandiri on Maret 08, 2021

Ketua IKAL Agum Gumelar (kiri) bersama Ketua ISC Gumilar Rusliwa Somantri  
Jakarta (IndonesiaMandiri) –  Ikatan Keluarga Alumni Lembaga Ketahanan Nasional atau IKAL membuat pusat kajian strategis tentang masalah-masalah kebangsaan, diresmikan langsung oleh Jenderal (Purn.) Agum Gumelar, selaku Ketua IKAL periode 2020-2025. Lembaga baru yang diberi nama IKAL Strategic Centre, dipimpin oleh Prof. Dr. del Soz Gumilar Rusliwa Somantri.

“Kita akan perbanyak Forum Grup Discussion, Panel Expert, mengundang para ahli yang kapasitasnya mumpuni soal kebangsaan dan kenegaraan. Kedepan kita juga akan melakukan survey, dengan bantuan teknologi digital sehingga hasilnya bisa dimanfaatkan oleh berbagai pihak,” ucap Prof Gumilar, saat peresmian Kantor Baru ISC, di Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan (8/3).

Agum Gumelar menambahkan, ISC juga akan memberikan masukan kepada Presiden, DPR dan lembaga pemerintah lainnya tentang berbagai hal strategis soal kebangsaaan dan kenegaraan. “Karena anggota ISC adalah alumni Lemhannas yang menjaga keutuhan bangsa, dengan ciri khas berwatak pejuang, peduli terhadap nasib bangsa serta berwawasan negarawan,” jelas Agum.

ISC sendiri, sebagai langkah awal, telah melakukan empat kajian strategis, yakni tentang Dampak Vaksinasi Massal Covid-19, Kebijakan Luar Negeri AS Di bawah Presiden Joe Biden, Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi serta Strategi Keamanan Nasional Di Bidang Cyber (ma).

Foto: Joko

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala