Home » » Jaga Perbatasan RI-Malaysia, KRI-Hiu Sinergi Dengan Pesawat Tempur F-16

Jaga Perbatasan RI-Malaysia, KRI-Hiu Sinergi Dengan Pesawat Tempur F-16

Posted by Indonesia Mandiri on Maret 03, 2021

Sinergi strategis menjaga perbatasan antara alutsista TNI AL dan TNI AU
Ambalat/Kaltara
 (IndonesiaMandiri) – Operasi pengamanan bersama di sekitar perbatasan RI-Malaysia, dilakukan olleh Kapal Perang TNI AL, KRI-HIU 634, dari jajaran Satuan kapal cepat (Satkat) Koarmada II yang saat ini sedang menjalani operasi Garda Paus-2, bersinergi dengan dua Jet Tempur F-16 TNI AU di Perairan Ambalat, Kalimantan Utara (1/03). 

Sebagaimana diketahui, KRI HIU-634 yang di komandani oleh Mayor Laut (P) Rivo De Haviland  melakukan operasi Garda Paus-21 dengan tugas pokok menjaga  kedaulatan dan keamanan Perairan perbatasan laut dan udara di perairan Karang Unarang.

Menurut Mayor Rivo, pada operasi bersama tersebut, kedua unsur alat utama sistem senjata atau alutsista (KRI dan Pesawat Udara) melakukan Air Joining Procedure (AJP) dan kerjasama taktis, mengidentifikasi wilayah laut dan udara serta melaksanakan prosedur komunikasi frekuensi VHF yang telah ditentukan. 

Ditempat terpisah, Komandan Guspurla Koarmada II Laksma TNI Rahmat Eko Rahardjo menyampaikan,  kegiatan tersebut bertujuan agar terjalin kerja sama yang baik secara taktis antara dua matra (TNI AL dan TNI AU) dalam rangka melaksanakan Operasi Gabungan TNI untuk menjaga kedaulatan NKRI, khususnya di Perairan Ambalat.

Sementara itu Pangkoarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan memerintahkan kepada seluruh prajurit yang sedang bertugas di wilayah perbatasan agar selalu menjalin komunikasi dan bersinergi dengan jajaran TNI/Polri serta aparat terkait demi terjaganya keutuhan dan keamanan di perbatasan.

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

.