Home » » Presiden Resmikan Gerakan Beli Kreatif Danau Toba

Presiden Resmikan Gerakan Beli Kreatif Danau Toba

Posted by Indonesia Mandiri on Februari 21, 2021

Potensi Danau Toba terus dioptimalkan untuk gairahkan sektor parekraf masyarakatnya
Balige/Sumut
 (IndonesiaMandiri) – Presiden Jokowi meresmikan gerakan Beli Kreatif Danau Toba sebagai upaya mengembangkan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) di kawasan Danau Toba, sebagai salah satu dari lima destinasi super prioritas (DSP).

Presiden mengapresiasi dan memperkenalkan aplikasi Jaringan Pariwisata Hub (JP Hub) sebagai platfom daring, diharapkan mampu sukseskan dan mempromosikan Gerakan Beli Kreatif Danau Toba. "Aplikasi ini akan menjadi pintu pengetahuan, pencarian, hingga pemesanan destinasi mulai dari tingkat provinsi hingga desa. Serta dilengkapi dengan atraksi wisatanya. Sudah waktunya pariwisata Indonesia tumbuh bersama ekonomi kreatifnya," jelas Presiden Jokowi, dalam sambutannya secara daring di acara Peluncuran Beli Kreatif Danau Toba (20/2).

Kegiatan ini sebagai lanjutan dari gerakan nasional "Bangga Buatan Indonesia" (BBI), di 2021 akan difokuskan untuk mengembangkan potensi daerah. "Pada tahun 2020, gernas BBI berhasil mengajak lebih dari 3,8 juta pelaku kreatif dan UMKM yang onboard ke platform e-commerce untuk meluaskan potensi pasar hingga nasional bahkan mancanegara," ajak Jokowi.

Presiden Jokowi sangat mendukung pengembangan UMKM Parekraf

"Selain itu, kawasan ini juga memiliki pemandangan yang cantik dengan bentangan danau vulkaniknya. Paduan pariwisata dan hasil ekonomi kreatif yang layak digaungkan ke seluruh nusantara hingga dunia dan diharapkan akan mampu membangkitkan ekonomi Indonesia lewat industri digital," puji Presiden.

Sementara itu, dalam rangkaian acara yang sama di Institut Teknologi Del, Balige, Kabupaten Toba Samosir,Sumatera Utara,  Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo mengatakan, dengan adanya pertumbuhan di sektor ekraf ke platform e-commerce bisa menjadi solusi guna membantu memasarkan produknya lebih luas.

Sehingga, gerakan ini diharapkan dapat memberdayakan para pelaku parekraf memperkenalkan dan memasarkan produknya lewat platform digital. "Penjualan produk secara fisik di masa saat ini sangat sulit dilaksanakan. Tetapi dengan penjualan lewat platform digital ini bisa membantu kita di masa-masa yang sulit dan ini memang tujuan dari "Beli Kreatif Danau Toba". Bagaimana kita onboarding ke platform digital serta berkolaborasi dengan mitra dan memberikan pendampingan-pendampingan. Karena berjualan fisik itu berbeda dengan berjualan secara digital," tutur Angela.

Dalam acara ini, tturut dihadiri secara daring oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan; Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo; Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati; serta Menteri Komunikasi dan Informatika, Johny Gerard Plate (vh/ma)

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

.