Home » » Pererat Toleransi Lintas Agama, Pangdam XVII/Cendrawasih Kunjungi Tokoh Agama

Pererat Toleransi Lintas Agama, Pangdam XVII/Cendrawasih Kunjungi Tokoh Agama

Posted by Indonesia Mandiri on Januari 23, 2021

Rombongan Pangdam XVII/Cenderawasih saat berkunjung ke salah satu tokoh agama Papua

Jayapura
 (IndonesiaMandiri) – Sebagai sarana mempererat hubungan dengan Pemuka Agama di Papua, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono berkunjung ke para Tokoh Agama yang berada di wilayah Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, Papua (21/1). Kunjungan pertamanya kepada Pendeta Lipius Biniluk, Ketua FKUB Papua, di daerah Sentani.

“Kunjungan saya ke kediaman Pendeta ini adalah untuk menjalin silaturahmi dan komunikasi untuk bersama-sama menjaga keamanan dan kedamaian di tanah Papua agar menjadi lebih baik lagi sekaligus memperkenalkan diri sebagai Pangdam XVII/Cenderawasih yang baru,” ucap Pangdam, yang menyebut pihaknya akan senantiasa membantu para tokoh Agama untuk melakukan pelayanan terbaik kepada Jemaatnya.

“Diharapkan dengan terjalinnya komunikasi yang baik, kita dapat selalu menjaga keamanan dan kedamaian di Tanah Papua dan saling membantu dalam menjaga kondusifitas di tanah Papua dimana kerukunan umat beragama dapat menjadi contoh di daerah lainnya,” jelas Mayjen TNI Ignatius Yogo. 

“Semoga dengan adanya niat baik Bapak Pangdam Cenderawasih yang baru untuk menjalin komunikasi dan silaturahmi dengan para Tokoh Agama di Papua ini dapat menciptakan tanah Papua yang kondusif dan kami akan senantiasa membantu Kodam XVII/Cenderawasih dalam mewujudkan Tanah Papua aman dan damai,” tanggap Ketua FKUB Prov. Papua

Lalu, Pangdam bertemu Keuskupan Jayapura, diterima oleh Uskup MGR Leo Laba Ladjar, OFM. “Pemerintah daerah harus bahu membahu dengan TNI dan Polri dalam menciptakan kedamaian di Papua. Kemudian di dalam melaksanakan tugasnya, Aparat TNI diharapkan mengedepankan pendekatan teritorial dan melaksanakan pendekatan dengan hati kepada masyarakat Papua," harap MGR Leo.

"Bila komunikasi telah terjalin dengan baik, maka semua permasalahan dapat diselesaikan dengan baik, pendekatan teritorial, pendekatan dengan hati dan pendekatan kesejahteraan diharapkan dapat memberikan kedamaian di Papua," jawab Pangdam sepakat dengan saran MGR Leo.

Berikutnya, Pangdam berkunjung ke kediaman Ketua MUI Prov Papua KH Saiful Islam Al Fayage. Disinggung Ketua MUI, perlunya peningkatan pembangunan SDM bagi masyarakat Papua. Pangdam menjawab, "Saat ini sudah ada kebijakan bahwa perekrutan prajurit TNI AD di Papua memiliki prosentase 80% berasal dari Putra Daerah Papua dan 20% pendatang. Hal ini tentunya diharapkan dapat meningkatkan SDM Masyarakat Papua."

Pada akhir kegiatan, Pangdam bertemu Ketua PWNU Prov Papua Toni Wanggai. "Saya dan tokoh-tokoh agama di FKUB Prov Papua akan selalu berkomunikasi dan menjaga kedamaian di Papua. Kerukunan umat beragama yang berada di Papua ini dapat menjadi contoh bagi daerah lainnya," papars Ketua PW NU

Mayjen TNI Ignatius Yogo menyampaikan, "kunjungan ke beberapa tokoh agama di wilayah Jayapura ini adalah selain untuk memperkenalkan diri saya sebagai Pangdam XVII Cenderawasih yang baru dan juga sebagai sarana silaturahmi dengan para Tokoh Agama dalam membangun Papua yang kondusif, aman dan damai” (ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala