Home » » Panglima TNI Tinjau Dan Dialog Dengan Korban Gempa Di Sulbar

Panglima TNI Tinjau Dan Dialog Dengan Korban Gempa Di Sulbar

Posted by Indonesia Mandiri on Januari 16, 2021

Panglima TNI menyapa warga korban gempa serta beri bantuan dari Presiden Jokowi di Sulbar 
Mamaju
 (IndonesiaMandiri) – Usai mengirim bantuan Presiden Jokowi di Kalsel, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, langsung bertolak ke Kabupaten Majene, Mamuju, Sulawesi Barat/Sulbar (16/1). Di Mamju, Panglima TNI melihat dan berdialog dengan warga serta menyerahkan bantuan dari Presiden Jokowi sebanyak 10.000 Paket Sembako.

Mamuju diguncang musibah bencana gempa bumi dengan kekuatan 6,2 SR dan telah memakan korban jiwa. Panglima TNI langsung memerintahkan jajaran TNI untuk menerjunkan Prajurit dan bantuan Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) untuk membantu korban gempa di lokasi tersebut.

Yang didatangi pertama Panglima TNI adakah Posko pengungsian di Kantor Gubernur Sulbar dan menerima penjelasan dari Komandan Korem 142/Tatag Brigjen TNI Firman Dahlan, terkait situasi dan kondisi terkini di wilayah Sulbar Pasca Gempa dan secara simbolis menyerahkan bantuan Paket Sembako dari Presiden Jokowi.

“Saat ini TNI terus mempersiapkan langkah-langkah berikutnya. Langkah evakuasi korban sudah dilaksanakan. Kemudian langkah berikutnya adalah memberikan pelayanan kesehatan kepada para korban. Untuk itu dalam beberapa hari nanti akan kita hadirkan KRI  dr. Soeharso, kebetulan saya lihat Lanal kondisinya bagus tidak ada kerusakan. Bagi korban patah tulang, termasuk korban-korban akibat yang lain bisa dirawat atau dioperasi apabila perlu di KRI Soeharso,” terang Panglima TNI.

Seiring mulai berdatangannya bantuan dari berbagai sumber, Panglima TNI menekankan kepada jajaran, untuk mempersiapkan jalur distribusinya. “Yang perlu diperhatikan adalah sistem distribusi bantuan yang saat ini sedang berjalan, harus benar-benar diamankan mulai dari pemberangkatan sampai menuju wilayah Mamuju,” ujarnya.

“Kemudian yang berikutnya adalah bagaimana kita bersama untuk menormalkan kembali kebutuhan-kebutuhan masyarakat akan bahan bakar. Kita lihat tadi masih adanya antrian kendaraan dan tugas kita adalah untuk berkoordinasi dengan instansi terkait untuk menormalkan kembali, sehingga kebutuhan bahan bakar minyak khususnya bisa terdukung dengan baik dan termasuk juga kebutuhan akan listrik,” urai Panglima TNI.

“Semoga tidak terlalu lama kita bisa menyelesaikan permasalahan yang ada di Mamuju ini dengan baik dan aktifitas perekonomian di Mamuju juga bisa berjalan dengan baik,” harap Panglima TNI, yang juga  meninjau RSUD Sulbar. Di tempat ini Panglima TNI berdialog langsung dengan beberapa tenaga medis dan meninjau tenda-tenda darurat tempat perawatan korban. Lalu Panglima TNI mendatangi Stadion Manakara untuk berdialog dengan korban gempa (ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala