Home » » Menteri LHK Terima Laporan Perwakilan UNDP Indonesia

Menteri LHK Terima Laporan Perwakilan UNDP Indonesia

Posted by Indonesia Mandiri on Desember 29, 2020

Shimomura, Perwakilan UNDP untuk Indonesia saat bersalaman “ala pandemi” dengan Menteri LHK Siti Nurbaya
Jakarta (IndonesiaMandiri) – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya menerima audiensi Resident Representative United Nations Development Programme (UNDP) Indonesia, Mr. Norimasa Shimomura, di ruang terbuka Arboretum Lukito Daryadi, Kantor KLHK, Jakarta (29/12). Siti  mengucapkan selamat atas penunjukan Mr. Shimomura sebagai Resident Representative yang baru untuk UNDP Indonesia.

Kerja sama antara Kementerian LHK dan UNDP selama ini, ucap Siti, telah memberikan manfaat yang besar bagi kedua pihak. "Saya menghargai kerjasama UNDP selama ini yang saling menghormati dan mendukung  Indonesia sesuai etika kerjasama teknik menurut Perjanjian Paris Agreement. Apapun yang dilakukan dalam upaya  perbaikan landscape, sites dan kawasan, maka ultimate goalnya adalah pemulihan lingkungan dan pengendalian perubahan iklim,” jelas Siti.

Menurut  Siti, keberadaan UNDP di Indonesia sangat penting untuk mendukung KLHK melanjutkan tindakan korektif dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan dan komitmen internasional lainnya seperti Paris Agreement, Post2020 Biodiversity Framework, dan UN Decade of Ecosystem Restoration.

Apresiasi juga diberikan Menteri LHK kepada UNDP karena mendukung program Pojok Iklim, sebuah kegiatan unik yang menghadirkan pemangku kepentingan yang sangat luas dan beragam dalam meningkatkan kesadaran, melaporkan perkembangan, membahas metodologi dan best practices. .

Shimomura dihadapan Siti menyampaikan, dirinya telah menerima informasi dan mempelajari kerja sama antara KLHK dan UNDP selama ini. Terdapat banyak tantangan yang harus dihadapi dalam pengelolaan lingkungan hidup di Indonesia, namun Shimomura mengakui, Indonesia belajar lebih cepat dalam menghadapi permasalahan yang terjadi.

"Saya juga telah mempelajari tentang pencapaian-pencapaian besar yang diperoleh Indonesia, khususnya dalam bidang LHK. Saya kagum atas kepemimpinan Ibu Menteri yang telah bekerja keras memimpin dan menata Kementerian yang besar ini dengan tanggung jawab yang besar pula," puji Shimomura.

Sebagai keterangan, UNDP merupakan salah satu badan/lembaga yang berada di bawah koordinasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dengan misi memberikan bantuan, terutama dalam bentuk tenaga ahli, penasihat, pelatihan dan dukungan perlengkapan pembangunan, untuk meningkatkan pembangunan negara-negara berkembang. UNDP memiliki perwakilan yang tersebar di 177 negara dan wilayah, salah satunya Indonesia (ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala