Home » » Kodam XVIII/Kasuari Masuki Usia Empat Tahun

Kodam XVIII/Kasuari Masuki Usia Empat Tahun

Posted by Indonesia Mandiri on Desember 20, 2020

Banyak kemajuan telah dicapai baik di internal dan eksternal Kodam XVIII/Kasuari di usia 4 Tahun
Manokwari
 (IndonesiaMandiri) – “Apabila kita menengok usia Kodam XVIII/Kasuari hingga saat ini baru memasuki usia ke 4 tahun. Tentunya masih banyak hal-hal yang perlu dibenahi, baik menyangkut infrastruktur, sarana prasarana, personel, materil maupun dukungan lainnya. Dengan demikian pada momentum yang baik ini kami mohon dukungan dan kerjasamanya demi kemajuan Kodam XVIII/Kasuari dimasa saat ini dan masa yang akan datang,” ucap Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa dalam sambutannya saat syukuran HUT Ke-4 Kodam XVIII/Kasuari.

Acara syukuran ini tentunya sekaligus sebagai wahana lebih mempererat ikatan silahturahmi dan komunikasi, baik dalam konteks internal keluarga besar TNI, TNI-Polri maupun antara anggota TNI dengan unsur pimpinan daerah, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat dan dengan  seluruh komponen masyarakat lainnya di wilayah Provinsi Papua Barat.

Syukuran yang digelar sederhana, dalam situasi dan kondisi pandemi Covid-19, dilakukan mengikuti protokol kesehatan, di lapangan upacara Makodam XVIII/Kasuari, Trikora, Arfai 1, Manokwari, Papua Barat (19/12).

Seiring perjalanan dan perkembangannya sesuai rencana strategis Kodam XVIII/Kasuari dari 2019 sampai 2024, telah tergelar 2 satuan setingkat Korem yaitu Korem 181/Praja Vira Tama di Kota Sorong yang akan membawahi 5 Kodim yaitu Kodim 1802/Sorong, Kodim 1805/Raja Ampat, Kodim 1807/Sorong Selatan, Kodim 1809/Maybrat dan Kodim 1810/Tambrauw. Dan Korem 182/Jazira Onim di Kabupaten Fakfak, membawahi 4 Kodim yaitu Kodim 1803/Fakfak, Kodim 1804/Kaimana, 1806/Teluk Bintuni dan Kodim 1808/Manokwari Selatan.

Berikutnya juga telah dilaksanakan alih kodal Kodim 1801/Manokwari dari Korem 181/Praja Vira Tama ke Kodam XVIII/Kasuari sebagai satuan Kodim yang berdiri sendiri (BS) yang berkedudukan langsung di bawah Pangdam XVIII/Kasuari

“Selanjutnya guna meningkatkan kemampuan dan daya tempur satuan, maka telah tergelar satu Bigade Infanteri yaitu Brigif 26/Gurana Piarawaimo yang berada di Kabupaten Teluk Bintuni, dimana akan membawahi tiga Batalyon Infanteri yaitu Yonif RK 762/Vira Yudha Sakti, Yonif 764/Iamba Baua dan Yonif 763/Sanitia Buerama Amor. Sedangkan fungsi pendidikan dan latihan yang berada di Rindam XVIII/Kasuari hingga saat ini masih terus dalam proses pembangunan dan pemenuhan baik sarana prasarana, personel maupun materil,” papar Pangdam.

Hadir dalam acara syukuran tersebut antara lain Kapolda Papua Barat, Kabinda Papua Barat, Asisten 3 mewakili Gubernur Provinsi Papua Barat, Wakajati Papua Barat, Ketua Pengadilan Negeri Manokwari, Wakil Ketua DPRD Papua Barat, Kasdam XVIII/Kasuari, para pejabat Kodam XVIII/Kasuari, para pejabat Polda Papua Barat, Kafasharkan TNI AL Manokwari, para Kepala BUMN/BUMD Papua Barat, Rektor Unipa Manokwari, para pimpinan Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Ormas Serta Kepemudaan, para Kepala Dinas Provinsi Papua Barat (bp).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri