Home » » Sri Sultan Hamengkubuwono Beri Hadiah Spesial Di Hut Marinir

Sri Sultan Hamengkubuwono Beri Hadiah Spesial Di Hut Marinir

Posted by Indonesia Mandiri on November 16, 2020

Dankormar Mayjen TNI Mar Suhartono (kiri) secara simbolis menerima Gending “Gati Marinir” dari Sri Sultan Hamengkubuwono X

Jakarta (IndonesiaMandiri) – Peringatan Hut ke-75, Korps Marinir/Kormar TNI AL, dilakukan secara sederhana karena masih dalam suasana pandemi Covid-19. Namun demikian, Kormar menerima kado spesial Gending “Gati Marinir” dari Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X, yang hadir langsung pada acara Syukuran HUT ke-75 Kormar digelar di Graha Marinir, Jl prajurit KKO Usman dan Harun, Kwitang, Jakarta Pusat (16/11).

“Semoga pengabdiannya, kesederhanaannya, rasa kejuangannya, menjadi kekuatan baru bagi Korps Marinir dalam pengabdiannya menjaga keutuhan NKRI,” ucap Sri Sultan. Dalam kesempatan ini, Sri Sultan memberikan Gending “Gati Marinir, dengan laras pelog dan pathet barang, jenis kendhangan ladrang sabrangan, kepada Komandan Kormar Mayjen TNI Mar Suhartono, disaksikan Kepala Staf Angkatan Laut/Kasal Laksamana TNI Yudo Margono dan para sepuh pimpinan Kormar dari masa ke masa.

Menariknya, Gending tersebut ternyata sudah ada sejak era kepemimpinan Sri Sultan Hamanegkubuwono VII, sekitar tahun 1880-an, dan baru diserahkan saat ini oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Ketika ditanya media tentang kepemimpinan Dankormar yang akan dijabat Jenderal Bintang Tiga, Kasal mengiyakan. “Sesuai Perpres 66/2019, Korps Marinir menjadi Kotama Ops dan dijabat Jenderal Bintang Tiga. Pelaksanaannya di awal 2021,” jelas Laksamana TNI Yudo Margono.

Berbagai rangkaian kegiatan Hut 75 tahun Kormar, juga dibarengi dengan secara virtual dengan seluruh satuan Kormar di berbagai daerah, baik di dalam dan luar negeri (misi perdamaian PBB), juga yang berada di Pulau Terluar, Satgas Covid-19 Wisma Atlit, serta Satgas Percepatan Pembangunan di Lombok NTB (ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala