Jakarta (IndonesiaMandiri) – Jakarta Coffee Week atau JACOWEEK merupakan acara tahunan yang paling ditunggu oleh penikmat kopi Nusantara. JACOWEEK 202
Aneka kopi nusantara bakal disajikan dalam Jacoweek secara virtual selama sepekan |
Jakarta (IndonesiaMandiri) – Jakarta Coffee Week atau JACOWEEK merupakan acara tahunan yang paling ditunggu oleh penikmat kopi Nusantara. JACOWEEK 2020 akan kembali digelar selama sepekan, mulai 30 November hingga 6 Desember 2020 di Tokopedia, perusahaan teknologi Indonesia dengan marketplace terdepan, namun secara online karena di masa pandemi Covid-19.
Diadakan sejak 2016, di tahun ke-limanya kali ini, meski JACOWEEK dilakukan online namun tak mengurangi keseruannya dengan mengusung tema “Revival happens every day as a new one begins”. Perhelatan #Jacoweek2020, diselenggarakan oleh ABCD School of Coffee dan HYPE, menghadirkan ratusan lapak berbagai merek dagang dan usaha.
Hendri Kurniawan, Founder dari ABCD School of Coffee menuturkan JACOWEEK merupakan perhelatan yang dinanti oleh para pelaku industri kopi. “Tema yang kami usung ditahun ini merupakan doroangan kuat untuk para seluruh pelaku industri untuk tetap kuat dan terus berinovasi dalam kondisi apapun. Kami mengerti tahun 2020 adalah tahun yang berat, namun kami hadir disini untuk memberikan dukungan,” jelas Hendri.
Pada 2019, event ini berhasil menjadi perhelatan kopi terbesar di Asia Tenggara. “Setiap tahunnya kami menghadirkan pilihan tenant yang beragam, barista dan coffee roaster terkemuka, distributor dari seluruh dunia, serta petani kopi lokal. Kami juga menyiapkan kelas online pada tanggal 30 November dan 1 Desember 2020,” tambah Hendri,
Aquarius Rudianto, selaku Direktur Jaringan dan Retail Banking menyatakan, “kami gembira dapat berpartisipasi dan mendukung berjalannya Jakarta Coffee Week sejak tahun 2017 hingga 2020 ini. Bank Mandiri juga akan tetap berusaha untuk memberikan dukungan terbaik bagi industri kopi tanah air melalui program Mandiri Coffiesta, khususnya dalam menghadapi masa sulit pandemi Covid-19 ini.”
Menurut Aquarius, selain dukungan dalam bentuk kerjasama sponsorship, Bank Mandiri juga telah menyiapkan program reward berupa 100 e-voucher Belanja untuk potongan harga di Tokopedia senilai Rp50 ribu, diperoleh hanya dengan membuka tabungan secara online lewat scan QR atau klik pada link khusus Jakarta Coffee Week 2020. Dan, Bank Mandiri memberi program transaksi berupa 1000 e-voucher gratis ongkir yang belanja memakai mandiri debit atau mandiri kartu kredit.
Jessica Stephanie Jap selaku AVP of Category Development (FMCG & Long Tail Categories ) Tokopedia menambahkan, “kopi lokal menjadi salah satu produk yang laris di kategori Makanan dan Minuman Tokopedia selama pandemi. Tokopedia dalam hal ini terus berkomitmen #SelaluAdaSelaluBisa dalam mendukukung eksistensi industry kopi nusantara, khususnya di tengah kondisi seperti ini. Caranya dengan memberikan panggung seluas-luasnya bagi para pegiat usaha kopi lokal, salah satunya melalui JACOWEEK 2020”.
Pada gelaran di 2019, JACOWEEK berhasil menarik 22.836 pengunjung, membelanjakan total Rp 4,4 miliar rupiah lebih. Menariknya, tahun ini akan diramaikan dengan “Sweet Treats Wonderland sweetened with Tropicana Slim“ ,CoffeeCon, yang diisi dengan talks santai dan edukasi pada 30 Nov-1 Des dimulai jam 4 sore di TokopediaPlay. Selain itu akan banjir promo dari setiap tenant mulai dari promo produk hingga promo ongkir (ma).
Foto: Dok. Kemenparekraf