Home » » Peraturan Presiden Bakal Perkuat Survei Pemetaan Hidrografi

Peraturan Presiden Bakal Perkuat Survei Pemetaan Hidrografi

Posted by Indonesia Mandiri on November 25, 2020

Tantangan peran Pushidrosal kian berat, sehingga perlu penopang payung hukum Peraturan Presiden  

Jakarta (IndonesiaMandiri) – Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) dan Dinas Hukum TNI AL (Diskumal) membahas Webinar tentang rancangan Peraturan Presiden (Perpres) survei dan pemetaan hidrografi.

Webinar ini dibuka Kapushidrosal Laksda TNI Agung Prasetiawan secara daring, guna memperoleh masukan dari para pakar yang kompeten di bidang hidrografi, serta mendapat solusi dari berbagai permasalahan, khususnya aspek regulasi dan arti pentingnya penyusunan rancangan Perpres tentang survei dan pemetaan hidro-oseanografi.

Seminar bertema “Survei Pemetaan Hidrografi Untuk Keselamatan Pelayaran, Perlindungan Lingkungan Laut, dan Pembangunan Kelautan Nasional”, diisi beberapa pembicara, seperti Prof. Henry M. Manik, S.Pi., M.T., Ph.D. (Anggota Dewan Hidrografi Indonesia dan Guru Besar Akustik dan Instrumentasi FPIK IPB), Ir. Henki Angkasawan (Direktur Kenavigasian Ditjen Hubla Kemenhub), serta Bunyamin, S.H., M.H.(Direktur Harmonisasi PUU I Ditjen PP Kemenkumham).

Kapushidrosal antara lain mengatakan, Pushidrosal merupakan Lembaga Hidrografi Nasional Indonesia sekaligus sebagai wakil pemerintah RI di International Hydrographic Organization (IHO), mempunyai tugas dan peranan penting dalam menyediakan data dan informasi untuk mendukung keselamataan navigasi pelayaran.

Tugas dan fungsi Pushidrosal kedepan semakin berat, baik di tingkat nasional, regional maupun  internasional untuk dapat mewujudkannya sebagai lembaga hidrografi nasional dan pusat informasi geospasial kelautan terbaik di dunia, guna mendukung program pemerintah sebagai poros maritim dunia.

Di sinilah perlunya perangkat hukum sebagai dasar untuk melaksanakan kegiatan survei dan pemetaan hidrografi dan oseanografi. Direktur Operasi Survei dan Pemetaan (Diropssurta) Pushidrosal Kolonel Laut (KH) Haris Djoko Nugroho turut memaparkan peran Pushidrosal secara umum, meliputi tugas pokok, pencapaian yang telah diraih, kiprah dan peran dalam lingkup nasional, regional, maupun internasional (ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala