Home » » Prajurit Kodam XVIII/Kasuari Harus Jadi Milik Masyarakat Indonesia Dan Papua Barat

Prajurit Kodam XVIII/Kasuari Harus Jadi Milik Masyarakat Indonesia Dan Papua Barat

Posted by Indonesia Mandiri on Oktober 05, 2020

Pangdam XVIII/Kasuari bersama Kapolda Papua Barat

Manokwari
 (IndonesiaMandiri) –  "Jangan pernah lelah dalam membantu masyarakat dan menegakkan kedaulatan NKRI. Untuk itu, kita harus terus menjaga amanah dan kepercayaan rakyat yang telah diberikan kepada TNI", kata Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa pada acara Apel Bersama peringati HUT Ke-75 TNI, diikuti segenap Prajurit dan PNS di lingkungan Markas Kodam XVIII/Kasuari, Manokwari, Papua Barat (5/10).

Pangdam menyampaikan, tema HUT Ke-75 TNI yakni “Sinergi Untuk Negeri”, memiliki arti dan makna sangat mendalam. “Didalam kata-kata sinergi banyak sekali nilai yang dapat kita ambil. Pertama adalah nilai kerjasama. Selanjutnya ada nilai saling bahu membahu, berkolaborasi, bekerja sama, dan mengisi ruang-ruang kosong yang tidak mampu diisi oleh (lembaga) lainnya. Sebagai contoh, seorang Tentara bekerja membantu masyarakat sebagai Guru, Mantri Kesehatan, Petani dan lain sebagainya. Jadi nilai-nilai Sinergitas ini luar biasa. Bagaimana kita harus membantu, bersinergi dengan Polri, Pemda, serta komponen bangsa lainnya untuk bergerak bersama memajukan Provinsi Papua Barat," urai Mayjen I Nyoman Cantiasa.

“Kita dipercaya untuk menjaga stabilitas keamanan yang ada di sini sehingga masyarakat kita bisa bekerja mencari uang untuk menafkahi kehidupan dirinya dan keluarganya, juga guna menempuh cita-citanya. Jadi saya minta kepada kalian semua agar bisa menjadi seorang Prajurit TNI yang profesional, mampu bersinergi, bisa berkolaborasi, mau menerima masukan, dan mampu berinovasi untuk mensukseskan pembangunan nasional ,” tambahnya.


Sambut Pesta Demokrasi lewat Pilkada, Pangdam berpesan kepada seluruh prajuritnya untuk tetap bersikap netral selama berlangsungnya rangkaian kegiatan tersebut hingga selesai. “Prajurit Kodam XVIII/Kasuari harus Netral, harus menjadi milik masyarakat Indonesia dan masyarakat Papua Barat," pesan Pangdam XVIII/Kasuari. Di tengah masih merebaknya ancaman Covid-19, Pangdam juga menghimbau agar prajuritnya terus memberikan edukasi kepada masyarakat.

Saat upacara Hut TNI berlangsung, Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Dr Tornagogo Sihombing beserta rombongan Polda Papua Barat turut hadir memberikan kejutan kepada Pangdam XVIII/Kasuari berupa pemberian ucapan Selamat  HUT Ke-75 TNI berikut tumpeng dan kue ulang tahun. Bersama, para pejabat TNI, Polri, dan Forkopimda melanjutkan kegiatan mengikuti Upacara Virtual Peringatan HUT TNI yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo dari Istana Negara, Jakarta.

Berikutnya, acara diwarnai bakti sosial pemberian tali asih kepada para Veteran RI dan Warakawuri,  Keluarga Besar TNI (KBT). Terlebih lagi didalam situasi dan kondisi pandemi Covid-19 saat ini dimana sebagian besar masyarakat terdampak pada sektor ekonomi. "Tali asih ini hanya sebagian kecil dari sumbangsih kami dalam membantu meringankan beban bapak-bapak dan ibu-ibu sekalian. Mungkin nilainya tidak seberapa, namun ini hanya bagian dari wujud kepedulian kami sebagai keluarga besar TNI di wilayah Papua Barat," kata Pangdam XVIII/Kasuari (ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala