Home » » ACM Dongkrak Alor Ke Era Digital

ACM Dongkrak Alor Ke Era Digital

Posted by Indonesia Mandiri on Oktober 31, 2020

Bupati Alor Amon Djobo saat membuka event Alor Creative Market

Alor/NTT
 (IndonesiaMandiri) – "Suka tidak suka, sekarang ini sudah era digital sehingga kita harus manfaatkan teknologi yang ada untuk mempromosikan dan menjual produk andalan kita. Karena itu saya berterima kasih kepada teman- teman penggagas Alor Creative market/ACM ini," ucap Bupati Alor, Amon Djobo, saat membuka ajang ACM) di Taman Suaka Alam Pesisir (TSAP) Sebanjar, Alor, Nusa Tenggara Timur (31/10/).

Djobo mengaku bangga dengan kegiatan ACM, karena daerahnya menjadi salah satu daerah tujuan pariwisata nasional, sehingga perlu banyak promosi keluar agar berbagai potensi daerah kian dikenal dan bernilai ekonomi bagi masyarakat.

Sekarang, lanjut Djobo, era digital sehingga berbagai produk unggulan daerah harus bisa dijual secara online, sehingga ajang promosi seperti melalui ACM ini sangat efektif. Menurutnya, dampak dari kegiatan ini harus ada kolaborasi kegiatan OPD terkait, yakni penguatan masyarakat dan edukasi kelompok masyarakat pengrajin sehingga menghidupkan pasar lokal.

Djobo menekankan, untuk fokus pada potensi unggulan apa yang mau didahulukan dalam pengembangannya sehingga hasilnya maksimal dan punya nilai tambah ekonomis bagi masyarakat.
"Kita tidak bisa rambang semua potensi sekaligus tetapi disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah sehingga harus memilah mana yang harus didahulukan," jelas Djobo.

Dalam Talk Show bersama salah satu penggagas ACM, Santy Maro, nampak Djobo mengajak generasi muda untuk berperan lebih besar majukan kekayaan lokal Alor. "Apa yang teman-teman gagas hari ini agar masyarakat Alor tidak tertinggal dalam pasar bebas dengan kecepatan teknologi. Gagasan baik ini saya harap tidak boleh berhenti hari ini. Harus berlanjut di waktu- waktu mendatang. Karena sudah creative market, maka pasar lokal dan aneka kreatifitas produk harus lebih diberdayakan," pesan Djobo.

Sejumlah pengrajin pamerkan produk kreatifitasnya, serta demo pengolahan kuliner dari mangga Alor. ACM akan mempersiapkan produk-produk unggulan Alor masuk dalam even bergengsi di Labuan bajo, saat ASEAN Summit dan G-20 yang rencananya berlangsung pada 2023 (ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala