Home » » Perpustakaan Keliling TNI Yang Selalu Dinanti Anak-Anak Perbatasan

Perpustakaan Keliling TNI Yang Selalu Dinanti Anak-Anak Perbatasan

Posted by INDONESIA MANDIRI on Agustus 24, 2020

Keceriaan anak-anak di perbatasan jadi penghibur prajurit TNI yang mengajarinya
Merauke (IndonesiaMandiri) – Mobil truk prajurit TNI yang bertugas di perbatasan RI-PNG, Kabupaten Merauke ini, begitu strategis perannya. Saat menjalani tugas menjaga keamanan perbatasan, memang dipakai membawa prajurit TNI untuk berpatroli atau kegiatan lainnya dalam operasi militer perang (OMP).

Sebaliknya di masa aman, damai, truk berubah fungsi menjadi perpustakaan keliling menjalani misi operasi militer selain perang (OMSP). Seperti yang dilakukan Satgas Pamtas RI-PNG Batalyon Infanteri 125/Simbisa (Yonif 125/SMB) sambangi Kampung Bupul, Distrik Elikobel, Kabupaten Merauke, Papua, untuk mengajari anak-anak di perbatasan gemar membaca.
Letkol Inf Anjuanda Pardosi selaku Dansatgas Yonif 125/SMB, Letkol Inf Anjuanda Pardosi dalam rilis tertulisnya (22/8) menyebut, kehadiran “perpustakaan keliling ini dihadirkan sebagai wujud kepedulian Satgas terhadap dunia pendidikan dalam membantu mencerdaskan generasi penerus bangsa ini.”
Kegiatan perpustakaan keliling kali ini dilaksanakan di halaman sekolah SD YPPK Santo Petrus Bupul, melibatkan tujuh orang personel Satgas dari Pos Kotis dan Pos Kalimaro dipimpin Sertu M. Febriadi Syahputra. “Keceriaan terpancar jelas dari wajah mereka yang begitu polos dan sederhana,” ujar Dansatgas. 
“Kegiatan ini juga merupakan salah satu program pembinaan teritorial yang dilaksanakan Satgas terhadap warga perbatasan sekaligus upaya meningkatkan kecerdasan generasi penerus bangsa. Senang rasanya melihat anak-anak ini bahagia, lelah Prajurit terbayarkan dengan keceriaan yang terpancar di wajah mereka,” tambahnya.
Rofinus Kewamijay (41 th) warga Kampung Bupul sekaligus sebagai Guru SD YPPK Santo Petrus Bupul, ikut gembira sembari mengatakan, “adanya perpustakaan ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan semangat mereka untuk lebih giat belajar” (ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link INDONESIA MANDIRI

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala