Dari Handphone, Produk Parekraf Pun Bisa Dikenal Luas

Jakarta (IndonesiaMandiri) – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengajak para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) di seluruh Indonesia untuk mempromosikan produknya lewat sosial media, saat Webinar Bincang Inklusif Seputar MetadatA (BISMA) dengan tema “Pemasaran Digital Produk Kreatif melalui Konten Visual dan Penulisan” (11/8). Dalam Webinr tersebut, Direktur Kajian Strategis Kemenparekraf/Baparekraf, Wawan Rusiawan menyebut, pandemi Covid-19 yang mendunia membuat kegiatan jual beli melalui platform digital meningkat sangat pesat. Sehingga, pelaku parekraf dituntut mampu mengikuti perkembangan zaman dan memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produknya agar tidak kalah bersaing di pasar digital. “Digital marketing via media sosial ini bisa mengamplifikasi promosi dan pemasaran produk lokal di platform digital. Ini yang harus dikuatkan,” kata Wawan. Kemenparekraf/Baparekraf juga menjadikan acara ini sebagai ajang pendataan para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak pandemi Covid-19. “Tentu saja peserta akan masuk database kami. Jadi tolong jangan lupa lengkapi biodata supaya bisa masuk database kami karena data ini penting, banyak bantuan tidak tersalurkan karena masalah data,” tambahnya. Webinar dihadiri oleh fotografer professional, Herry Tjiang, dan pendiri sekaligus Chief Executive Officer Selected Comm, Ginza Rheza. Keduanya memberikan materi serta tips dan trik bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif dalam memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produknya.

Era digital mesti dimanfaatkan sebaik mungkin oleh pelaku industri parekraf promosi produk lokal
Jakarta (IndonesiaMandiri) – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengajak para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) di seluruh Indonesia untuk mempromosikan produknya lewat sosial media, saat Webinar Bincang Inklusif Seputar MetadatA (BISMA) dengan tema “Pemasaran Digital Produk Kreatif melalui Konten Visual dan Penulisan” (11/8).

Dalam Webinr tersebut, Direktur Kajian Strategis Kemenparekraf/Baparekraf, Wawan Rusiawan menyebut, pandemi Covid-19 yang mendunia membuat kegiatan jual beli melalui platform digital meningkat sangat pesat. Sehingga, pelaku parekraf dituntut mampu mengikuti perkembangan zaman dan memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produknya agar tidak kalah bersaing di pasar digital.
“Digital marketing via media sosial ini bisa mengamplifikasi promosi dan pemasaran produk lokal di platform digital. Ini yang harus dikuatkan,” kata Wawan. Kemenparekraf/Baparekraf juga menjadikan acara ini sebagai ajang pendataan para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak pandemi Covid-19.
“Tentu saja peserta akan masuk database kami. Jadi tolong jangan lupa lengkapi biodata supaya bisa masuk database kami karena data ini penting, banyak bantuan tidak tersalurkan karena masalah data,” tambahnya. Webinar dihadiri oleh fotografer professional, Herry Tjiang, dan pendiri sekaligus Chief Executive Officer Selected Comm, Ginza Rheza. Keduanya memberikan materi serta tips dan trik bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif dalam memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produknya.
Herry menuturkan, foto produk yang menarik tak selalu harus menggunakan kamera digital. Menurutnya, memotret produk menggunakan kamera smartphone juga bisa menghasilkan foto  menarik. “Selama foto tersebut dikemas dengan menarik, informatif, dan mendeksripsikan produk yang kita jual, kita bisa menarik calon pembeli untuk tertarik pada produk kita. Untuk background dan visualnya nanti kita bisa tambahkan lewat aplikasi,” jelas Herry.
Herry juga menyarankan agar pelaku parekraf tidak memperbesar atau men-zoom objek saat memotret. “Foto kalau bisa jangan di-zoom karena kalau di-zoom mengurangi kualitas foto sehingga gambar jadi kurang bagus,” sambungnya. Sementara Ginza Reza memaparkan, selain foto produk yang menarik, caption dalam unggahan di media sosial juga harus diperhatikan. Menurutnya, dalam menulis caption, penjual harus mengedepankan tulisan yang menggelitik dan menarik perhatian calon pembeli.
 “Caption itu tidak harus panjang. Yang penting isi caption produk kita itu bisa membuat calon pembeli tertarik dan penasaran,” ulas Ginza. Selain itu, Ginza juga mengajak para pelaku parekraf selalu berinovasi dalam mempromosikan produknya di media sosial dengan semenarik mungkin. “Dan kita harus terus mengikuti perkembangan zaman agar tidak ketinggalan dengan tren-tren terbaru,” saran Ginza (vh/ma).
Foto: abri
Nama

Advertorial,13,Alutsista,261,Arsip,87,Artikel,2,ATHG,394,Bela Negara,343,Bencana Alam,1,Berita Duka,3,Bilateral,15,Bisnis,135,Budaya,4,Covid-19,22,Daerah,4,Ekonomi dan Bisnis,192,Ekonomi Politik,4,Ekraf,23,Energi,1,Footer,3,Gaya Hidup,70,Gotong Royong,2,Hankam,1,Hidup Sehat,133,Hipertensi,6,Internasional,498,IPTEK,19,Jendela Nusantara,243,Kata Bijak,7,Kegiatan Sosial,3,Kode Etik,1,Lingkungan,343,Literasi,2,Logika Berfikir,11,Maritim,5,Militer,62,Obat Alami,6,Olahraga,32,Opini,12,Pahlawan Kemerdekaan,2,Pariwisata,10,Pendapat,2,Pendidikan,10,Pesona Nusantara,440,Politik,1,Ragam,318,Sastra Budaya,7,SDA,8,SDM,425,Sehat,55,Sejarah,28,Seni Budaya,11,Sosial Budaya,2,Sosok,12,Tani Darat,123,Tani Laut,94,Teras Indonesia,531,TNI-POLRI,17,Transportasi,217,UMKM,3,Wacana,2,Wawancara,4,Wisata,11,
ltr
item
INDONESIA MANDIRI | Berita Indonesia Mandiri: Dari Handphone, Produk Parekraf Pun Bisa Dikenal Luas
Dari Handphone, Produk Parekraf Pun Bisa Dikenal Luas
Jakarta (IndonesiaMandiri) – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengajak para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) di seluruh Indonesia untuk mempromosikan produknya lewat sosial media, saat Webinar Bincang Inklusif Seputar MetadatA (BISMA) dengan tema “Pemasaran Digital Produk Kreatif melalui Konten Visual dan Penulisan” (11/8). Dalam Webinr tersebut, Direktur Kajian Strategis Kemenparekraf/Baparekraf, Wawan Rusiawan menyebut, pandemi Covid-19 yang mendunia membuat kegiatan jual beli melalui platform digital meningkat sangat pesat. Sehingga, pelaku parekraf dituntut mampu mengikuti perkembangan zaman dan memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produknya agar tidak kalah bersaing di pasar digital. “Digital marketing via media sosial ini bisa mengamplifikasi promosi dan pemasaran produk lokal di platform digital. Ini yang harus dikuatkan,” kata Wawan. Kemenparekraf/Baparekraf juga menjadikan acara ini sebagai ajang pendataan para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak pandemi Covid-19. “Tentu saja peserta akan masuk database kami. Jadi tolong jangan lupa lengkapi biodata supaya bisa masuk database kami karena data ini penting, banyak bantuan tidak tersalurkan karena masalah data,” tambahnya. Webinar dihadiri oleh fotografer professional, Herry Tjiang, dan pendiri sekaligus Chief Executive Officer Selected Comm, Ginza Rheza. Keduanya memberikan materi serta tips dan trik bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif dalam memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produknya.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi0hhZLFr5iFNBVxa3qFh6Jrfq2UyS9_V5A2_CmW5onNR0NOyBqu7vjd64VYRI9J-rkeyHtE4SxVDPabYhUYDrD86YEJ6Rm9ZMEKddWZ3ryItG-pHMg3JPmVQBSZ0Vwedorlyzp-6tXyYQ/s400/IMG_7483.JPG
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi0hhZLFr5iFNBVxa3qFh6Jrfq2UyS9_V5A2_CmW5onNR0NOyBqu7vjd64VYRI9J-rkeyHtE4SxVDPabYhUYDrD86YEJ6Rm9ZMEKddWZ3ryItG-pHMg3JPmVQBSZ0Vwedorlyzp-6tXyYQ/s72-c/IMG_7483.JPG
INDONESIA MANDIRI | Berita Indonesia Mandiri
https://www.indonesiamandiri.web.id/2020/08/dari-handphone-produk-parekraf-pun-bisa.html
https://www.indonesiamandiri.web.id/
https://www.indonesiamandiri.web.id/
https://www.indonesiamandiri.web.id/2020/08/dari-handphone-produk-parekraf-pun-bisa.html
true
8310179826723655374
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy