Home » » Gubernur Sumbar Puas Panen Di Sungayang Berjalan Mulus

Gubernur Sumbar Puas Panen Di Sungayang Berjalan Mulus

Posted by Indonesia Mandiri on Juli 12, 2020

Sumatera Barat terus pacu program ketahanan pangan sesuai instruksi Presiden Jokowi 
Sungayang/Sumbar (IndonesiaMandiri) – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Paryitno dan Kapolda Sumbar kunjungi lokasi Nagari Minangkabau, Kecamatan Sungayang (11/7), sebagai respon arahan Bapak Presiden Joko Widodo mewujudkan ketahanan pangan. Gubernur beserta rombongan melaksanakan kegiatan Panen Raya Padi bersama kelompok tani Sawah Padang Nagari Minangkabau serta didampingi Forkopimda Tanah Datar.

“Saya Gubernur Sumatera Barat mengucapkan terima kasih kepada jajaran TNI-Polri yang juga ikut mendukung kesediaan pangan, karena sebelumnya kami memanen bawang dan yang punya lahan merupakan anggota Polri. Jadi kami sangat apresiasi pengabdian TNI-Polri dalam mendukung kesediaan pangan," ucap Irwan.
Di Tanah Datar sebagian besar masyarakatnya adalah pekerja petani. Menurut Irwan, menjadi hal yang wajar daerah ini selalu mempunyai cadangan beras berlebih. "Saat ini memang Bapak Presiden selalu mengaungkan ketahanan pangan selama pandemi covid-19. Pandemi ini memang berdampak kepada ekonomi masyarakat yang Maret hingga Mei kemaren sangat berpengaruh," terangnya.
Irwan menegaskan pertanian menjadi salah satu prioritas dalam membangun Provinsi Sumbar. Apalagi Sumbar setiap tahunnya selalu memiliki cadangan beras berlebih untuk kebutuhkan warga sumbar. Namun, Irwan tetap mengingatkan bersama Kapolda agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan dengan wajib memakai masker dan jaga jarak guna mencegah penyebaran covid-19.
Yuzinosfris, penyuluh setempat mengatakan panen di kecamatan Sungayang tepatnya di kelompok tani Sawah Padang potensinya seluas 60 ha dengan varietas lokal bujang marantau. "Kalau yang hari ini baru sekitar 5 hektar dengan provitas 5,7 ton perhektar, sisanya dalam waktu dekat," sebutnya. Hal yang sama disampaikan Kepala Dinas Pertanian Sumatera Barat, Syafrizal. Ia optimis untuk kejar tanam sampai September, seperti arahan Mentan Syahrul Yasin Limpo bahwa harus kejar tanam bulan April September ini (ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala