Jakarta (IndonesiaMandiri) – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sambut baik atas diterbitkannya "BUMBU", majalah digital pertama dalam bahasa Prancis tentang budaya kuliner dan gastronomi Indonesia, yang mulai 1 Juli didistribusikan secara daring di Prancis dan dapat diunduh secara gratis. Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf Nia Niscaya dalam keterangannya (30/6) menyebut, kehadiran majalah "BUMBU" dapat menjadi sarana promosi wisata Indonesia lewat diplomasi kuliner. Indonesia memang dikenal sebagai salah satu negara penghasil rempah-rempah. Hal itu membuat masakan Indonesia dikenal luas dengan cita rasanya ke seantero dunia. Beberapa menu khas Indonesia juga masuk dalam jajaran makanan terenak di dunia oleh CNN pada 2017. Yakni rendang di urutan 1, nasi goreng nomor 2 dan satai di posisi 14. “Hadirnya majalah ini menjadi salah satu sarana promosi wisata Indonesia yang diharapkan dapat menarik minat wisatawan asal Prancis nantinya untuk berkunjung ke Indonesia," harap Nia.
Majalah digital pertama berbahasa Prancis bakal jadi media promosi kuliner nusantara |
Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf Nia Niscaya dalam keterangannya (30/6) menyebut, kehadiran majalah "BUMBU" dapat menjadi sarana promosi wisata Indonesia lewat diplomasi kuliner. Indonesia memang dikenal sebagai salah satu negara penghasil rempah-rempah. Hal itu membuat masakan Indonesia dikenal luas dengan cita rasanya ke seantero dunia.
Beberapa menu khas Indonesia juga masuk dalam jajaran makanan terenak di dunia oleh CNN pada 2017. Yakni rendang di urutan 1, nasi goreng nomor 2 dan satai di posisi 14. “Hadirnya majalah ini menjadi salah satu sarana promosi wisata Indonesia yang diharapkan dapat menarik minat wisatawan asal Prancis nantinya untuk berkunjung ke Indonesia," harap Nia.
Terlebih di situasi saat ini, dimana pergerakan wisatawan antarnegara masih ditutup karena pandemi Covid-19, maka lewat majalah ini diharapkan menjadi soft diplomacy daya tarik wisata di Indonesia.
“Dengan demikian pariwisata Indonesia diharapkan menjadi 'top of mind' dalam pilihan calon wisatawan, khususnya Prancis," tambah Nia.
Majalah “BUMBU" berbahasa Prancis merupakan hasil kerja sama Visit Indonesia Tourism Officer (VITO) Prancis dengan tim BUMBU di Indonesia. Majalah ini didistribusikan dan ditujukan untuk masyarakat Prancis yang ingin mengenal kuliner dan gastronomi Indonesia.
BUMBU merupakan majalah kuliner digital independen berkonsep mengangkat aneka cerita kuliner dari masyarakat. Cerita ini menjadi kepingan mozaik menggambarkan beragamnya budaya kuliner di Indonesia. Majalah BUMBU lahir dengan tujuan mempromosikan tradisi dan budaya kuliner Indonesia, juga untuk menunjukkan evolusi masakan dunia di Indonesia (ma/ag).