Home » » RSUI Raih Sertifikat Akreditasi Tingkat Paripurna Standar Nasional

RSUI Raih Sertifikat Akreditasi Tingkat Paripurna Standar Nasional

Posted by Indonesia Mandiri on Juni 16, 2020

Kinerja RSUI terus meningkat dan saat pandemi juga menjadi rujukan untuk penanganan Covid-19
Depok/Jabar (IndonesiaMandiri) – Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) berhasil meraih Sertifikat Akreditasi Tingkat Paripurna Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) Edisi 1.1, yang diumumkan Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) secara daring (15/6). Ketua Eksekutif KARS, Dr. dr. Sutoto, M.Kes, menyerahkan secara simbolis Sertifikat Akreditasi Paripurna SNARS Edisi 1.1 kepada Rektor Universitas Indonesia, Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D.


Sertifikat akreditasi tingkat paripurna ini merupakan kelulusan perdana diraih RSUI di tengah pandemi Covid-19. Sebelumnya, RSUI telah melalui ujian akreditasi (survei inisial) SNARS Edisi 1.1 oleh KARS, dilaksanakan berturut-turut 9-13 Juni 2020 secara daring. Ujian akreditasi yang dilakukan meliputi telusur regulasi, dokumentasi, observasi, wawancara, simulasi dan konfirmasi.
Direktur Utama RSUI, dr.Astuti Giantini, Sp.PK, MPH menyebut, “pelaksanaan survei akreditasi secara daring ini merupakan pertama kalinya ditetapkan oleh KARS di masa pandemi Covid-19 dan RSUI merupakan rumah sakit pertama yang menjalani proses secara daring di Indonesia. Karena semua penilaian dilakukan secara daring, tentunya ada hal yang berbeda yang harus kami persiapkan. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi kami, selain harus mengunduh semua dokumen regulasi dan bukti secara online, kami juga harus menyiapkan dan memastikan fasilitas IT yang memadai karena semua proses telusur dan observasi dilakukan secara online.”
Meski dilakukan secara daring, seluruh proses verifikasi dan penilaian instrument tetap mengacu pada standar dan persyaratan dari KARS. Berdasar Permenkes Nomor 034/2017 yang kemudian diperbarui Permenkes Nomor 12/2020 tertanggal 08 Juni 2020 tentang Akreditasi Rumah Sakit disebutkan, Akreditasi Rumah Sakit yang selanjutnya disebut akreditasi adalah pengakuan terhadap mutu pelayanan Rumah Sakit, setelah dilakukan penilaian bahwa Rumah Sakit telah memenuhi Standar Akreditasi. Komite Akteditasi Rumah Sakit (KARS) merupakan lembaga independen penyelenggara akreditasi yang ditunjuk pemerintah sebagai penilai atas mutu pelayanan rumah sakit.
RSUI merupakan rumah sakit umum tipe B. Dengan diperolehnya Akreditasi Paripurna, RSUI berharap dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan rumah sakit. Apalagi saat ini RSUI juga ditunjuk sebagai RS Rujukan Penanganan Covid-19 di Provinsi Jawa Barat sehingga dapat terus mempertahankan dan meningkatkan pelayanan prima kepada seluruh masyarakat (ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala