Home » , » Rawat Lingkungan, Pemerintah Bangun Industri Kehutanan Dari Hulu ke Hilir

Rawat Lingkungan, Pemerintah Bangun Industri Kehutanan Dari Hulu ke Hilir

Posted by Indonesia Mandiri on Juni 09, 2020

Keberhasilan Indonesia merawat hutan berdampak kepercayaan dunia untuk kerjasama
Jakarta (IndonesiaMandiri) – Pemerintah terus berbenah kelola sektor kehutanan, melalui industrialisasi dari hulu hingga hilir serta membangun sistem verifikasi dan legalitas kayu (SVLK) menjadi salah satu upaya menjaga hutan kita tetap lestari.

Menurut Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Nani Hendiarti di Jakarta (8/6), Pemerintah sudah lakukan verifikasi legalitas kayu sejak tahun 2009. Dunia internasional terutama _buyer_ kayu kita merasa senang dengan langkah perbaikan yang telah kita lakukan.”

Nani mengatakan, SVLK terbukti mampu menekan angka illegal logging di Indonesia. “Setelah pembenahan tersebut, kita mendapat benefit dari upaya menjaga hutan tersebut. Indonesia dianggap berhasil memberantas _illegal logging_ dan deforestasi. Hutan kita terjaga. Rewardnya, banyak negara luar salah satunya Norwegia melakukan kerja sama dengan Indonesia di bidang carbon pricing,” ucapnya.

"Keberhasilan ini dicapai atas kerja dan koordinasi antar-kementerian dan daerah. Kami selaku kementerian koordinator bertugas mengoordinasikan langkah-langkah ini dan akan terus meningkatkan peran koordinasi dan pengendalian tersebut," imbuhnya.

"Kami coba dorong koneksi antara hulu dan hilir tersambung. Kebutuhan bahan baku di hilir harus menjadi prioritas industri hulu. Industri hilir ini biasanya banyak pemain lokal. Setelah kebutuhan ini dipenuhi baru bisa diekspor dalam bentuk kayu olahan yang masyarakat kita juga ikut terlibat mengolah kayu itu kemudian baru diekspor," papar Nani (ma).

abri

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala