Home » » KMP Bahtera Nusantara 01 Bakal Siap Layani Masyarakat Kepri

KMP Bahtera Nusantara 01 Bakal Siap Layani Masyarakat Kepri

Posted by Indonesia Mandiri on Juni 18, 2020

Mulai 15 Juli masyarakat Kepri dan sekitarnya bisa mamakai layanan KMP Bahtera Nusantara
Jakarta (IndonesiaMandiri) – Kabar gembira untuk masyarakat Kepulauan Riau/Kepri dan sekitarnya. PT. ASDP (Persero) siap mengoperasikan KMP Bahtera Nusantara 01 pada 15 Juli mendatang. Ini diutarakan dalam rapat koordinasi dipimpin Asisten Deputi Infrastruktur Konektivitas, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Rusli Rahim (17/6).
Rusli mengatakan, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan telah menyelesaikan pembangunan KMP Bahtera Nusantara 01. PT. ASDP (Persero) siap mengoperasikannya dalam waktu dekat, akan melayani rute pulau-pulau kecil di wilayah Kepulauan Riau mulai dari Tanjung Uban (Batam), Matak (Kab.Anambas), Penagi (Natuna), hingga Sintete di Kalimantan Barat.
"Insya Allah tanggal 15 Juli 2020 akan dioperasikan. Saat ini tinggal menunggu izin lintas antarprovinsi. Izin ini akan rilis setelah pemeriksaan Standar Pelayanan Minimal," ucap Rusli. Masih ada beberapa permasalahan yang harus diselesaikan oleh pihak-pihak terkait sebelum KMP Bahtera Nusantara 01 dioperasikan, seperti survei alur beserta kelengkapan sarana bantu navigasi di Pelabuhan Penagi Kabupaten Natuna, memastikan keberlangsungan fungsi dari rambu-rambu yang ada di pelabuhan tersebut yang sebelumnya rusak, serta antisipasi terhadap sempitnya alur masuk di Pelabuhan Penagi.
Pekerjaan lainnya, lanjut Rusli, memastikan mekanisme pengelolaan pelabuhan, sumberdaya manusia, ketersediaan listrik, serta air bersih untuk operasional pelabuhan dan kapal pada masing-masing pelabuhan. Di sini peran daerah juga penting untuk beri pelayanan terbaik ke masyarakat. "Perlu ada sinergisitas antara operator dan pengelola pelabuhan untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat pengguna jasa," jelas Rusli (ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala