Home » , » Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Segera Melakukan Pemulihan

Industri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Segera Melakukan Pemulihan

Posted by Indonesia Mandiri on Juni 12, 2020

Sektor Parekraf akan miliki protokol kesehatan guna mendukung proses pemulihan
Jakarta (IndonesiaMandiri) – Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif/parfekraf terdampak signifikan pandemi Covid-19, sehingga perlu didorong melakukan penyesuaian (remodelling) dalam pemulihan ke depan agar tetap bisa bertahan dan berkembang. Dan ini akan terus dilakukan hingga pascapandemi menuju era normal baru.


Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio saat berbicara dalam webinar "Kebangkitan Parekraf di Era Normal Baru" digelar oleh DPP Prajaniti Hindu Indonesia (11/6) menyebut, pihaknya telah menyiapkan protokol kenormalan baru untuk nantinya dapat diterapkan di semua lini parekraf, yang fokus pada aspek kebersihan, kesehatan, dan keamanan.
Turut hadir dalam acara tersebut Anak Agung Putu Agung Suryawan Wiranatha selaku Ketua Pusat Unggulan Pariwisata Universitas Udayana serta Bupati Tulang Bawang Barat Umar Ahmad. Wishnutama mengatakan, Kemenparekraf juga telah menyiapkan turunan dari protokol tersebut, baik dalam bentuk video ataupun buku panduan. Sehingga akan mudah bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif untuk melaksanakan kegiatannya.
Harmonisasi ini penting agar tidak terjadi tumpang tindih, sehingga mempermudah bagi pelaku maupun stakeholder dalam menjalankan protokol. Dalam arti mereka bisa tetap produktif tapi juga aman dari Covid-19. "Pesan Presiden, protokol ini harus dilaksanakan dengan baik, tidak tergesa-gesa, sehingga nanti pada saatnya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dibuka bisa produktif dan tetap aman dari COVID-19. Itu hal yang mendasar dalam arahan presiden," jelas Wishnutama.
Sementara Anak Agung Suryawan Wiranatha memaparkan, “saat ini sudah saatnya untuk kembali ke normal namun ditambah dengan pelaksanaan protokol kesehatan yang baik. Dan yang penting adalah pengembangan SDM termasuk pengawasan yang baik di lapangan dalam implementasinya.”

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala