Home » » Indonesia Ajukan Tambahan Landas Kontinen Di Utara Papua Dan Barat Sumatera

Indonesia Ajukan Tambahan Landas Kontinen Di Utara Papua Dan Barat Sumatera

Posted by Indonesia Mandiri on Juni 10, 2020

Potensi bawah laut Perairan Indonesia sangat besar yang belum dioptimalkan
Jakarta (IndonesiaMandiri) – Sebagai negara kepulauan yang menjalani UNCLOS (United Nations Convention on The Law of the Sea (UNCLOS) atau sering disebut Konvensi PBB tentang Hukum Laut), Indonesia berhak menetapkan tambahan luas landas kontinen. Hal itu diungkapkan Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi/Marves Purbaya Yudhi Sadewa saat jumpa pers virtual di Jakarta (9/6).

Purbaya menuturkan, Indonesia usulkan tambahan luas landas kontinen. “Di Utara Papua, kami submisi klaim daerah ini di tahun lalu, dan sudah mempresentasikan hal ini ke PBB pada maret 2020. Tadinya tim agak ragu untuk menyerahkan submisi ini, karena mereka pikir itu perlu biasanya 7-8 tahun untuk bisa diundang presentasi. Tapi kami memutuskan mempercepat, karena negara lain ada yang sudah mensubmisi. Karena kalau kita ketinggalan, nanti daerah itu bisa dikuasai negara lain. Jadi untungnya PBB memberikan kami cukup cepat, sehingga maret kemarin bisa presentasi,” papar Purbaya.

Adapun daerah Utar Papua tersebut, wilayahnya sangat menarik untuk ke depan, karena memiliki luas cukup besar, yakni sekitar 198km2. Selain itu, nantinya sumber daya di bawahnya akan bisa dikuasai jika memiliki kawasan tersebut.

“Untuk di sebelah Barat Sumatera juga ada area yang kita mempunyai ruang untuk mengklaim. Ini potensi luasnya sekitar 200rb km2. Jadi cukup luas. Kami sedang melakukan research, scientific dan lain sebagainya. Jadi nanti kami serahkan klaimnya ke PBB jika datanya sudah lengkap,” ungkapnya.

Indonesia sebagai negara pihak UNCLOS 1982 memanfaatkan haknya sesuai pasal 76 untuk mengajukan ekstensi landas kontinen. Hal ini penting dilakukan mengingat terdapat potensi sumber daya di dasar laut yang walaupun saat ini masih belum bisa dimanfaatkan, namun seiring dengan perkembangan teknologi dan peradaban akan menjadi aset sangat penting bagi bangsa Indonesia di masa depan (ma).

Foto: abri

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala