Home » » Gubernur Sulut Pacu Percepatan Tanam Padi

Gubernur Sulut Pacu Percepatan Tanam Padi

Posted by Indonesia Mandiri on Juni 18, 2020

Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan jajaran ikut mengendarai Traktor Roda 4 untuk petani
Manado (IndonesiaMandiri Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey memacu para petani melakukan gerakan percepatan tanam padi dalam upaya mengantisipasi kerawanan atau memperkokoh ketersediaan pangan saat dan pasca pandemi Covid-19. Upaya ini juga dilaksanakan dalam rangka mengoptimalkan Program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK) di sektor Pertanian.


"Garda Pertanian di Sulawesi Utara, terus berperang melawan pandemi Covid 19, dengan terus memacu petani untuk menanam dan menanam lagi untuk mewujudkan "Sulut Semakin Hebat" dan petani sejahtera," kata Olly di Desa Touliang, Kecamatan Kakas Barat, Kabupaten Minahasa (17/6). Olly juga perintahkan olah lahan petani sekitar 5 hektar (ha) dari 200 ha, dan turun langsung ikut tanam padi sebagai tanda pencanangan gerakan percepatan olah tanah dan penanaman padi masa tanam kedua di 2020 sudah dimulai.
"Hadirnya Garda Alsintan (alat mesin pertanian) di Sulawesi Utara, tak ada lagi lahan yang tidak dimanfaatkan. Petani boleh tidor, tetapi lahan jangan sampai tidor," ucapnya. Olly sekaligus mengatakan dukungan penuh pemerintah terhadap masyarakat petani (pelaku utama) pertanian untuk wujudkan ketahanan pangan di Sulut.
"Pemerintah akan bekerjasama dengan kelompok tani, menyiapkan fasilitas sarana produksinya. Bibit pasti tersedia. Karena saat ini di Sulut masuk pada daerah penghasil bibit unggul padi jagung dan kedelai spesifik lokalita," jelasnya. Olly pun tanpa canggung ikut mengendarai traktor roda empat TR-4 untuk mengilas lahan yang siap tanam. Diikuti oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sulut, dan anggota Dewan. Juga tidak ketinggalan Kadis Pertanian dan Peternakan Provinsi Novly Wowiling, Kepala Dinas Pertanian Minahasa Jietty Roring dan ketua HKTI Minahasa
Novly Wowiling mengatakan, “dengan mekanisasi upaya peningkatan dan memantapkan persediaan pangan menjadi aman. Kesejahteraan petani juga turut naik. Perlu diketahui, kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap memakai protokol kesehatan Covid-19. Sehingga, sebelum pelaksanaan pencanangan para peserta mengikuti test dan dibatasi saja yang akan terlibat di lokasi (ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala