Benoa Jadi Contoh Pengembangan Pelabuhan Kelas Dunia

Berbagai pelabuhan penting di indonesia bakal didesain secara terpadu untuk menarik wisatawan dan investasi Jakarta ( IndonesiaMandiri ...

Berbagai pelabuhan penting di indonesia bakal didesain secara terpadu untuk menarik wisatawan dan investasi
Jakarta (IndonesiaMandiri) – Pemerintah tetap konsisten mengembangkan sepuluh destinasi tujuan wisata baru dengan membangun pelabuhan kelas dunia untuk memfasilitasi kapal pesiar. Salah satunya di Benoa sebagai pintu gerbang wisata maritim di Indonesia. Komitmen Pemerintah melalui Pelindo III melakukan pengembangan atau revitalisasi kawasan pelabuhan Benoa menjadi home port cruise, diharapkan jadi pelabuhan utama kapal pesiar terpadat di Indonesia.
Dr. Eng, Lukijanto, mewakili Kemenko Kemaritiman dan Investasi/Marves, baru-baru ini diundang untuk menyampaikan kebijakan pemerintah terkait manajemen pengelolaan pelabuhan kepada  peserta Program Port Academic Series 2020, digagas oleh The Water Agency bekerja sama dengan The Royal Boskalis Westminster, Perusahaan Van Ord, dan Port of Rotterdam – Belanda.
"Dengan memperhatikan potensi ekonomi maritim Indonesia diperkirakan mencapai lebih dari 1,33 triliun/tahun. Salah satu industri yang paling menjanjikan dan meningkat dalam ekonomi maritim adalah pariwisata," kata Pengajar Senior Port Academy 2020, Lukijanto, di Jakarta (17/6). Dan pengembangan Pelabuhan Benoa diharapkan bisa menopang target 20 juta kunjungan wisatawan yang dicanangkan pemerintah Indonesia pada 2020.
Tak hanya mengembangkan pelabuhan kelas dunia untuk memfasilitasi wisatawan, pemerintah juga mencanangkan pembangunan Integrated Port Network (IPN) atau jaringan pelabuhan terintegrasi untuk kepentingan industri. Menurut Lukijanto, adanya integrasi antar-pelabuhan dan terciptanya keterhubungan antar-wilayah merupakan pengejawantahan dari visi Indonesia sebagai poros maritim dunia.
"Jaringan pelabuhan terpadu adalah perwujudan dari visi Indonesia sebagai poros maritim dunia, dimulai dengan mengintegrasikan pelabuhan sebagai satu sistem kemudian menghubungkan pelabuhan ke kawasan industri, sehingga menciptakan konektivitas," jelas Lukijanto, yang juga Kepala Bidang Pengembangan Logistik Maritim Terpadu Kemenko Marves (2017-2020), serta Kabid Infrastruktur Sumber Daya Air dan Rekayasa Pantai, Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi.
Lukijanto juga menjelaskan potensi wilayah Bekasi, Karawang, dan Purwakarta sebagai jantung zona manufaktur terbesar di Indonesia. Tentu sebagian besar perusahaan akan berpikir untuk meningkatkan efisiensinya, dengan mengurangi biaya logistik (biaya transportasi, penyimpanan, atau pelabuhan) di setiap pengiriman produknya. Di sana telah tersedia Cikarang Dry Port dengan menawarkan biaya penyimpanan dan pelabuhan yang kompetitif.
“Dengan penerapan konsep Hub and Spoke inilah, sehingga menguntungkan perusahaan dalam pengurangan biaya transportasi, impor ekspor pun langsung dapat dilakukan tanpa batas. Karena pengurusan bea cukai, karantina secara formalitas dapat diselesaikan di Cikarang Dry Port secara langsung, sehingga tidak akan ada waktu tinggal (dwelling time) yang lama di pelabuhan Tanjung Priok”, ungkap Lukijanto. Salah satu pelabuhan yang telah berhasil menerapkan ini adalah Indonesia Port Corporation atau PT. Pelindo II, dan telah dilihat secara langsung oleh Peserta Port Academy Series 2020 (ma).
Foto: Kemenparkeraf
Nama

Advertorial,13,Alutsista,261,Arsip,87,Artikel,2,ATHG,394,Bela Negara,343,Bencana Alam,1,Berita Duka,3,Bilateral,15,Bisnis,135,Budaya,4,Covid-19,22,Daerah,4,Ekonomi dan Bisnis,192,Ekonomi Politik,4,Ekraf,23,Energi,1,Footer,3,Gaya Hidup,70,Gotong Royong,2,Hankam,1,Hidup Sehat,133,Hipertensi,6,Internasional,498,IPTEK,19,Jendela Nusantara,243,Kata Bijak,7,Kegiatan Sosial,3,Kode Etik,1,Lingkungan,343,Literasi,2,Logika Berfikir,11,Maritim,5,Militer,62,Obat Alami,6,Olahraga,32,Opini,12,Pahlawan Kemerdekaan,2,Pariwisata,10,Pendapat,2,Pendidikan,10,Pesona Nusantara,440,Politik,1,Ragam,318,Sastra Budaya,7,SDA,8,SDM,425,Sehat,55,Sejarah,28,Seni Budaya,11,Sosial Budaya,2,Sosok,12,Tani Darat,123,Tani Laut,94,Teras Indonesia,531,TNI-POLRI,17,Transportasi,217,UMKM,3,Wacana,2,Wawancara,4,Wisata,11,
ltr
item
INDONESIA MANDIRI | Berita Indonesia Mandiri: Benoa Jadi Contoh Pengembangan Pelabuhan Kelas Dunia
Benoa Jadi Contoh Pengembangan Pelabuhan Kelas Dunia
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj1-DyqlgdUpNuQODoWkOwlf4nX-jt4OVYWAfd5fc31QjL1OU-pg8zepSm_Q_qCVuVWu2LQAVaYIrIO_wwuk3XaBtLviQtCR_AtHV93JW8tdGnfDBUtWfRyp6ZOn_Yo9IdZji8gssJw_74/s400/PHOTO-2020-02-15-07-04-24.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj1-DyqlgdUpNuQODoWkOwlf4nX-jt4OVYWAfd5fc31QjL1OU-pg8zepSm_Q_qCVuVWu2LQAVaYIrIO_wwuk3XaBtLviQtCR_AtHV93JW8tdGnfDBUtWfRyp6ZOn_Yo9IdZji8gssJw_74/s72-c/PHOTO-2020-02-15-07-04-24.jpg
INDONESIA MANDIRI | Berita Indonesia Mandiri
https://www.indonesiamandiri.web.id/2020/06/benoa-jadi-contoh-pengembangan.html
https://www.indonesiamandiri.web.id/
https://www.indonesiamandiri.web.id/
https://www.indonesiamandiri.web.id/2020/06/benoa-jadi-contoh-pengembangan.html
true
8310179826723655374
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy