Home » » Koarmada I Beri Bantuan Masyarakat Di Pulau-Pulau Kecil Perbatasan Negara

Koarmada I Beri Bantuan Masyarakat Di Pulau-Pulau Kecil Perbatasan Negara

Posted by INDONESIA MANDIRI on Mei 02, 2020

Masyarakat maritim di perbatasan negara sekitar Batam gembira sambut bantuan sembako dari Koarmada I
Batam (IndonesiaMandiri) – TNI AL melalui Koarmada I hadir di tengah masyarakat maritim yang berbatasan dengan negara lain sebagai bentuk kepedulian Panglima Koarmada I Laksda TNI Muhammad Ali dan Ibu Ketua Daerah Jalasenastri Koarmada I saat aksi sosialnya di saat masyarakat terkena dampak ekonomi dan sosial dari krisis Covid-19.

Masyarakat di sejumlah pulau kecil di sekitar Batam, Kepulauan Riau/Kepri, seperti Pulau Belakang Padang, sumber kehidupannya dari hasil penjualan tangkapan ikan dan transportasi tradisional antar pulau. Mata pencariannya terganggu karena sejumlah pasar dan akses transportasi laut ditutup imbas dari Covid-19. Juga ada peningkatan eskalasi gangguan keamanan laut terhadap para pengguna laut domestik dan internasional yang setiap hari melintas di Selat Malaka dan Selat Singapura.

Kehadiran Gugus Keamanan Laut/Guskamla sebagai Komando Pelaksana Operasi Koarmada I di tengah masyarakat maritim di Selat Malaka melalui aksi sosial membagi sembako kepada 250 orang nelayan di Belakang Padang, 50 paket Sembako kepada penjaga Menara Suar di Pulau Nongsa, Pulau Batu Berhanti, Karang Helen, Pulau Pelanpong, Pulau Nipa, Pulau Takong Kecil dan Pulau Jangkat dengan KRI Todak serta 50 paket Sembako Prajurit TNI yang mengawaki Posal Radar mulai dari Posal terluar di Dumai (Posal P. Medang), Posal Takong Hiu, Posal Pulau Sambu, Posal Pulau Tolop, Posal Pulau Nipa dengan KRI Barakuda.

Ibu-ibu prajurit Koarmada I ikut membagi sembako ke nelayan gunakan kapal perang TNI AL
Aksi sosial juga dilaksanakan Ibu-ibu Cabang 5 DJA I ke panti asuhan yang berada di Kota Batam. Sentuhan perhatian ini diharapkan dapat meringankan beban dan sebagai langkah antisipasi terhadap peningkatan gangguan keamanan laut melalui pendekatan humanis, seperti diutarakan
Danguskamla I, Laksma TNI Yayan Sofiyan didampingi Ketua Cabang 5 DJA I, Peni Yayan Sofiyan di tengah masyarakat nelayan Pulau Belakang Padang.

“Keberadaan TNI AL adalah karena rakyat, oleh karena itu kebahagiaan yang terpancar dari masyarakat juga merupakan kebahagiaan kita semua. Senyuman yang terpancar di hadapan kita adalah senyuman kita semua,” ucap Laksma TNI Yayan (ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link INDONESIA MANDIRI

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala