Home » » Kementan dukung dan dampingi petani di Bima tingkatkan produksi bawang merah

Kementan dukung dan dampingi petani di Bima tingkatkan produksi bawang merah

Posted by Indonesia Mandiri on Mei 28, 2020

Kementan dukung dan dampingi petani di Bima tingkatkan produksi bawang merah
Bima/NTB (IndonesiaMandiri) – Bupati Bima Indah Dhamayanti Putri mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Presiden Joko Widodo atas kebijakannya dalam menutup impor bawang merah sehingga harga bawang yang diproduksi petani Nusa Tenggara Barat/NTB, khususnya Kabupaten Bima melonjak dari sebelumnya.

“Kami bersyukur kepada kebijakan Bapak Presiden Jokowi dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo/SYL sehingga harga bawang yang kami produksi melonjak dari harga sebelumnya dan kesejahteraan petani bawang meningkat,” aku Indah dalam panen raya bawang merah bersama SYL di Bima (28/5).

Indah menuturkan, produksi petani Bima terus meningkat dan seluruh petani berkomitmen menyukseskan produksi komoditi bawang, padi, jagung dan komoditi yang menjadi unggulan di Bima.
Menurutnya, peningkatan produksi petani Bima tak lepas dari dukungan Kementan yang selalu mendukung seluruh kegiatan pertanian.

“Oleh karna itu dukungan dari Kementerian Pertanian dalam hal ini dari bapak bapak para dirjen untuk keberlangsungan petani kami dari bibit, pupuk maupun alsintan sangat kami harapkan dan tentunya dukungan yang selama ini diberikan kepada kami dan para petani kami ucapkan banyak terima kasih,” sebutnya.

Badan Karantina Pertanian mencatat ekpsor komoditas bawang berasal dari petani di Pulau Sumbawa melalui pelabuhan Badas, Poto Tano, Bima dan Sape di 2018 sebanyak 23,1 ribu ton, 2019 produksi sebanyak 24,1 ribu ton dan 2020 (hingga 26 Mei) sebanyak 1,3 ribu ton .

Sedangkan untuk komoditas jagung berasal dari petani di Sumbawa, Bima dan Dompu dimana produksi 2018 sebanyak 478,1 ribu ton dan produksi tahun 2019 sebanyak 668,9 ribu ton (dh).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link Indonesia Mandiri

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala