Perlu dibuat peta even kedepan agar bisa dilihat potensi yang bisa datangkan wisatawan mancangera Jakarta ( IndonesiaMandiri ) – Kement...
Perlu dibuat peta even kedepan agar bisa dilihat potensi yang bisa datangkan wisatawan mancangera |
Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan (Events) Kemenparekraf Rizki Handayani Mustafa saat pertemuan online dengan beberapa promotor event Indonesia (7/5) menjelaskan, pentingnya penyiapan SOP baru bagi promotor event sejak saat ini untuk mengantisipasi permintaan penyelenggaraan acara dalam kondisi new normal.
“Industri event merupakan industri yang paling terdampak dibandingkan industri lain karena sifatnya mengumpulkan banyak orang. Pascapandemi atau memasuki masa new normal, SOP baru dalam dunia event harus dirumuskan dan diterapkan, khususnya hal tentang kesehatan dan higienitas,” katanya.
Pascapademi di era new normal, SOP events akan mengalami perubahan |
Menurut Rizki, pada 2021 ketika diproyeksikan pandemi berakhir, semua berharap agar para promotor dapat lebih jeli membuat event internasional dan mempromosikan di dalam negeri untuk menarik wisatawan mancanegara berkunjung. Namun, Kata Rizki, SOP baru dalam dunia event tersebut harus dirumuskan dan diterapkan, khususnya terkait pola menjaga kesehatan dan higienitas. Ia mencontohkan Singapura akan memakai SOP baru dalam hal penyelenggaraan event dengan mengurangi jumlah pengunjung sebanyak 50 persen dari total kapasitas venue.
“Saat ini Singapura memberlakukan kampanye ‘SG Clean’ sebagai komitmen nyata pemerintah dan warganya untuk menjaga kebersihan destinasi wisata dan tempat umumnya. Tidak ada salahnya bila kita mengadopsi dan mengadaptasi apa yang dilakukan Singapura dalam menjalankan SOP dengan baik,” ujarnya.
Kemenparekraf, lanjut Rizki Handayani, mendorong promotor untuk bersama-sama membuat Roadmap Event 2021 – 2024 di Indonesia, serta membuat daftar event internasional yang berpotensi digelar di Indonesia. Diharapkan market event tersebut adalah pasar internasional atau paling tidak di Asia Tenggara.
“Agar jalannya event dengan market yang sama tidak bersamaan, termasuk di dalamya adalah penjadwalan, promosi luar negeri, promosi dalam negeri, dan seterusnya. Pada kuartal 4 diharapkan baru akan dimulai semua kampanye terkait dengan kesiapan industri event menghadapi new normal sehingga masyarakat tertarik,” ungkap Rizki (ag/dh).