Home » » Tangkal Covid-19, Doa Bersama Lintas Agama Digelar BBKSDA NTT

Tangkal Covid-19, Doa Bersama Lintas Agama Digelar BBKSDA NTT

Posted by INDONESIA MANDIRI on April 19, 2020

Para tokoh agama dan masyarakat di NTT doa bersama agar wabah covid-19 segera berakhir
Jakarta (IndonesiaMandiri) – Unit Pelaksana Teknis Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (UPT-KLHK) di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), yaitu Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) pada Sabtu (18/04), gelar doa bersama lintas agama. Kegiatan dilaksanakan secara virtual melalui video conference/vicon, diikuti beberapa pejabat KLHK, antara lain Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE), Wiratno, serta para kepala UPT KLHK di Provinsi NTT.

Wiratno menuturkan, acara doa bersama ini bertujuan untuk meminta ampunan pada Tuhan dan pertolongan karena saat ini di seluruh dunia sedang terjadi wabah Covid-19. Wiratno mengingatkan, telah ada arahan dari Presiden dan seluruh protokol termasuk program Pembatasan Sosial Berskala Besar/PSBB yang saat ini berlangsung.

"Kita sudah mengetahui dampak dari virus ini, sehingga perlu melakukan social distancing, physical distancing, menjaga jarak, menjaga kebersihan dan berperilaku hidup bersih di dalam rumah sekalipun", jelas Wiratno. Yang terpenting saat ini untuk direnungkan, ternyata wabah ini beri pesan untuk dunia agar lebih menjaga alam, bersahabat dengan alam dan tak terlalu mengeksploitasi alam. Karena alam ada batas untuk dieksploitasi.

Penggagas acara ini adalah Kepala BBKSDA NTT Timbul Batubara. Menurut Timbul, bencana nasional ini harus disikapi dengan kewaspadaan yang tinggi. Tak hanya social distancing, makan yang bergizi dan obat-obatan, tetapi juga suasana kebatinan harus terasa damai. "Oleh karena itu, doa bersama ini kita gerakkan agar mental kita tidak terganggu", terang Timbul.
Doa bersama digagas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam NTT lewat video conference
Timbul berharap adanya keterpaduan dari semua unsur tokoh lintas agama dan tokoh masyarakat dan melalui Doa Bersama Untuk Bangsa, mental semakin kuat dan damai dengan lingkungan dan alam. Para tokoh lintas agama pun diberi kesempatan menyampaikan doa agar wabah Covid-19 segera berlalu dari muka bumi ini, khususnya di Indonesia.

Beberapq tokoh agama yang ikut panjatkan doa lewat vicon dari Agama Kristen Protestan, Pdt. Kirenus Bole, Agama Katolik, RD. Longginus Bone, Agama Islam Ustadz Ahmad Sofyan, Agama Hindu Pinandita Supardi, serta Tokoh Masyarakat NTT dari Desa Baumata, Corinus Tablek.

Peserta Doa Bersama Untuk Bangsa juga dihadiri Tokoh Lintas Agama/Masyarakat NTT selain unsur pimpinan KLHK juga diikuti Bupati Manggarai dan Manggarai Timur, Pimpinan OPD Kabupaten Manggarai dan Mangarai Timur, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Manggarai Timur, Kodim 1612 Manggarai, Polres Manggarai dan Aparatur Sipil Negara UPT KLHK lingkup NTT, bersama pemuka agama dan tokoh adat/ masyarakat serta duta LHK Provinsi NTT (ma).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link INDONESIA MANDIRI

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala