Home » » Aplikasi Quipper Bantu Siswa Belajar Online Saat Masa Libur Krisis Covid 19

Aplikasi Quipper Bantu Siswa Belajar Online Saat Masa Libur Krisis Covid 19

Posted by INDONESIA MANDIRI on Maret 24, 2020

Guru dan pelajar terbantukan dengan pembelajaran daring oleh aplikasi quipper
Jakarta (IndonesiaMandiri) - Saat Pemerintah beri Guru dan pelajar terbantukan dengan pembelajaran daring oleh aplikasi quipper agar sementara waktu belajar dari rumah guna menekan ancaman Covid 19, maka metode belajar jarak jauh (daring/online) menjadi solusi bagi para sekolah yang mulai menerapkan sistem School from home.

Quipper sebagai salah satu perusahaan edutech di Indonesia, menyediakan sistem dan materi pembelajaran online secara gratis untuk guru dan siswa yang terkena dampak dari penutupan sekolah sementara akibat Cofid 19. Guru dan siswa akan dapat mengakses lebih dari 10.000 video dan 75.000 soal  yang mencakup materi Kelas 9 – 12.

Juwana Agung Prabowo, seorang kepala sekolah SMAS Kristen Nasional Anglo Lippo Cikarang menjelaskan tentang aplikasi Quipper dapat diterapkan secara maksimal sejak adanya pemberitahuan pemerintah untuk memulai kegiatan belajar mengajar dari rumah. Sejak 2017 SMAS Kristen Nasional Anglo sudah memakai Quipper School yaitu platform sekolah digital tanpa biaya dimana guru dapat memanfaatkan fitur LMS (learning management system) Quipper mengirim dan mengelola materi pembelajaran, ujian, serta nilai siswa. Sehingga memungkinkan guru untuk mengajar secara jarak jauh.

“Terkait adanya himbauan untuk melakukan kegiatan belajar mengajar di rumah, para guru di SMA kami sangat terbantu dengan ketersediaan fitur-fitur yang ada pada aplikasi Quipper. Para guru di SMA kami saat ini sudah membuat rencana materi apa saja yang akan diberikan kepada siswa, baik itu latihan soal maupun tugas untuk membantu siswa dalam persiapan Ujian nasional nanti. Selain itu para guru juga sudah mulai memonitor perkembangan nilai siswa melalui tugas-tugas yang diberikan setiap harinya secara cepat dan akurat,” jelas Agung.

Kebutuhan guru terhadap platform LMS seperti dimiliki Quipper School dalam beberapa waktu terakhir terus meningkat seiring bertambahnya sekolah yang meliburkan siswa-siswinya. Ruth Ayu Hapsari,?Business Development Manager Quipper Indonesia menyebut jika saat ini sedang terjadi lonjakan signifikan dalam penggunaan Quipper School. Menurutnya, kenaikan penggu Quipper School di minggu awal diliburkannya sekolah menjadi kenaikan tertinggi sepanjang 2020.

“Dari tanggal 14 Maret sampai dengan hari ini tercatat ada ribuan guru yang menggunakan Quipper School setiap harinya, dan menurut prediksi kami kenaikan ini akan terus terjadi seiring bertambahnya sekolah yang menerapkan sistem belajar dari rumah.

Ayu menambahkan, terhitung mulai 15 Maret 2020, sudah ada 20.000 kelas online yang telah dibuat oleh para guru, dengan total pengguna mencapai 8.683 guru dari 4.492 sekolah di seluruh Indonesia yang mendaftar melalui aplikasi Quipper School. Selain itu selama masa pengaplikasian sekolah dari rumah dan penggunaan Quipper School siswa terlihat aktif belajar, secara kumulatif sekitar 10 juta soal yang telah dikerjakan oleh seluruh siswa terdaftar dalam periode seminggu ke belakang.

Pada 16 Maret lalu, Telkomsel telah memberikan 30GB kuota gratis bagi para pelanggannya untuk mengakses aplikasi Quipper. Hal serupa dilakukan Indosat Ooredoo pada!19 Maret. Langkah-langkah positif yang dilakukan oleh berbagai pihak dalam mendukung guru dan siswa untuk #BisaTetapBelajar diharapkan dapat terus berlanjut sehingga proses belajar-mengajar dapat terlaksana secara maksimal (dh).

Foto: Istimewa

Terimakasih sudah membaca & membagikan link INDONESIA MANDIRI

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala