Home » » Sambut 2020, Menteri Pertanian Sapa Penyuluh dan Petani Via TeleConference

Sambut 2020, Menteri Pertanian Sapa Penyuluh dan Petani Via TeleConference

Posted by INDONESIA MANDIRI on Jumat, 03 Januari 2020

Mentan ajak Penyuluh petani bekerja lebih giat lagi dengan cara lebih modern
Jakarta (IndonesiaMandiri) - Mengawali 2020 dan hari pertama bekerja, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo/Mentan SYL inspeksi mendadak mengecek beberapa ruangan kerja lingkup Kantor Pusat Kementan. Dan yang lebih menarik, SYL menyapa beberapa penyuluh da petani lewat teknologi Teleconference dilakukan di Agriculture Operational Room Pusat Penyuluhan Pertanian (AOR-Pusluhtan), Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) dan Agricultura War Room (AWR).

"Di awal 2020 ini, kalian (penyuluh) bisa langsung bertemu dengan saya di menit yang sama (melalui teleconference). Era (Teknologi) sekarang merubah cara hidup orang yang selama ini sudah menjadi budaya. Berubah dengan tantangan-tantangan baru kehidupan. Salah satunya kita lakukan sekarang ini, tutur Mentan saat teleconference (2/1).

SYL mengatakan, tak hanya teknologi teleconference, Internet of Things, Artificial Intellegence (AI), hingga Robot Construction di masa sekarang dan kedepan akan mampu mengubah kehidupan manusia bahkan menimbulkan tantangan baru yang harus bisa dihadapi dan diadaptasi oleh masyarakat, tak terkecuali penyuluh pertanian. Sebab, penyuluh pertanian adalah inti dari agent of change pembangunan pertanian. Karena itu, jadilah penyuluh pertanian yang hebat. harus mampu mengelola pertanian bersama masyarakat.

Di awal 2020 Mentan sudah beri semangat ke penyuluh dan petani
"Kalau begitu, pertanian harus menjadi kekuatan bangsa ini dengan memakai teknologi yang lebih baik, memanfaatkan sains dan riset yang lebih kuat sehingga bisa menghadirkan kemampuan-kemampuan kita," tegas SYL. Karenanya, SYL minta penyuluh pertanian di seluruh Indonesia untuk membantu membangun pertanian. Kementan mendorong petani bertani secara mandiri, modern dan maju melalui program Kredit Usaha Rakyat.

"Tahun 2020 ini adalah era Pertanian, memperbaiki desamu, memperbaiki daerahmu, memperbaiki negara dan bangsa ini hanya bisa baik kalau pertaniannya maju," ajaknya. Menurut Mentan, tanggung jawab penyuluh bukan hanya agar pertanian bisa maju saja. Tetapi juga pertanian harus menggunakan cara-cara baru untuk bisa menghadirkan efektivitas atau kemampuan yang lebih banyak lagi (ma).

Foto: Istimewa/abri

Terimakasih sudah membaca & membagikan link INDONESIA MANDIRI

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri

Cakrawala