Home » » Kebun Sekolah Bakal Diperbanyak Untuk Dekatkan Pelajar Ke Dunia Pertanian

Kebun Sekolah Bakal Diperbanyak Untuk Dekatkan Pelajar Ke Dunia Pertanian

Posted by INDONESIA MANDIRI on Minggu, 01 Desember 2019

Kementan gagas pelajar sejak dini akan diberi materi pembelajaran bercocok tanam
Jakarta (IndonesiaMandiri) - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Ketahanan Pangan (BKP) mengajak semua eleman masyarakat peduli masalah ketahanan pangan melalui beberapa pendekatan seperti familly farming, lumbung pangan, maupun kebun sekolah. Penerapan kebun sekolah untuk menarik minat generasi muda di sektor pertanian dilakukan melalui program Pertaian Masuk Sekolah (PMS) sebagai materi pembelajaran siswa dinilai penting untuk mengatasi masalah regenerasi petani.

"Langkah fundamental ini perlu dilakukan untuk memastikan sektor pertanian sangat menjanjikan sebagai sebuah profesi yang bisa menjadi hobi bagi kaum urban, dan trendy sebagai gaya hidup modern," ujar Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan, Kuntoro Boga Andri (30/11). Menurutnya, promosi dan proses edukasi ini perlu diinisiasi sejak dini melalui berbagai aktivitas pertanian berupa kurikulum kecakapan hidup (lifeskill) atau pembelajaran extrakulikuler di setiap sekolah.


"Ide memasukkan pertanian sebagai muatan lokal dalam pendidikan formal sebetulnya bukan sesuatu yang baru. Toh konsep ini sudah mulai diterapkan di sejumlah sekolah. Sebut saja Sekolah Alam dan program Adiwiyata di sekolah perkotaan. Keduanya menggunakan pendekatan alam dalam kegiatan belajarnya," katanya.


Kuntoro mengatakan, dalam penerapan konsep ini para siswa diperkenalkan berbagai jenis sayuran dan tanaman yang akan dibudidayakan. Mereka juga dilatih cara memploting lahan serta atasi hama dan penyakit. Selain itu, para siswa diberi penjelasan bagaimana besarnya manfaat dan nilai ekonomis hasil pertanian.


"Bahkan di beberapa sekolah para siswa diajarkan cara membuat pupuk organik dari limbah. Aktivitas dilakukan secara menyenangkan untuk memberi kecintaan siswa terhdapa kegiatan ini dengan harapan mereka mampu mereplikasinya di rumah," jelasnya (dh).

Terimakasih sudah membaca & membagikan link INDONESIA MANDIRI

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Indonesia Mandiri